Ketua DPR Minta Pilkada Ditunda Bila Hanya Satu Calon

Ketua DPR RI Setya Novanto
Sumber :

VIVA.co.id - Ketua DPR RI, Setya Novanto, telah mengetahui ada beberapa daerah yang hanya memiliki calon tunggal dalam pilkada serentak pada Desember mendatang. Dengan kondisi seperti itu, ia berpendapat sebaiknya pilkada di wilayah yang hanya terdapat calon tunggal di tunda pelaksanaanya.

Masinton: Nama Cagub PDIP Sudah di Dompet Megawati
"Ya masalah ini memang harus disikapi karena berdasarkan undang-undang itu memang ditentukan ada dua pihak yang ikut. Perlu diperhatikan juga sengketa-sengketa. Karena itu penundaan adalah yang terbaik," katanya di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 4 Agustus 2015.

Ahok Maju Lewat Parpol, Bagaimana Nasib 1 Juta KTP?
Dimana penundaan pelaksanaan pilkada di beberapa daerah juga sesuai dengan PKPU. Sehingga pemerintah tinggal menindaklanjuti prosesnya. Meski pemerintah sendiri secara diam-diam telah menggodok Perppu pelaksanaan pilkada bila hanya ada calon tunggal.

50% Hasil Pilkada Serentak Disengketakan ke MK
Politisi Partai Golkar ini menambahkan saat ini pimpinan DPR dan Komisi II sedang mempelajari tahapan Pilkada yang sedang berlangsung. Termasuk polemik yang sedang terjadi terkait calon tunggal. Polemik ini diharapkan tidak mengganggu proses pelaksanaan pilkada.

"Karena itu harus kita evaluasi betul-betul.  DPR harus menganalisa," katanya.

Selain itu terkait polemik yang ada saat ini DPR akan berkonsultasi dengan Presiden dan mendengarkan laporan dari pelaksanan pilkada.

"Kita harus dengarkan KPU, kesiapannya bagaimana," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya