Pemerintah Perlu Melakukan Diversifikasi Kebijakan Cukai

Tembakau
Sumber :
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Anggota Komisi XI DPR Misbakhun meminta pemerintah berpikir ulang untuk menaikkan cukai rokok yang dibebankan pada industri kretek nasional, setelah kelompok anti tembakau mendesak pemerintah untuk menaikkan cukai rokok hingga 57 persen.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

"Pemerintah harus memperhatikan dampak kenaikan cukai, seperti PHK massal dan gulung tikarnya perusahaan rokok golongan kecil dan menengah," ungkapnya, Senin 3 Agustus 2015.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Kenaikan cukai rokok, menurutnya, akan berdampak pada penutupan beberapa pabrik rokok. Ia menjelaskan bahwa pada 2014 saja, banyak perusahaan rokok terpaksa mem-PHK karyawannya yang jumlahnya mencapai ribuan orang.


Karena itu, Misbakhun menilai, Kementerian Keuangan perlu melakukan diversifikasi kebijakan cukai untuk mendukung pengembangan kebijakan cukai lainnya.


Menurutnya, ada banyak peluang lain untuk mendorong keragaman penerimaan negara dari sisi cukai, tidak semata-mata mengandalkan dari cukai hasil tembakau.


Misbakhun lebih lanjut menjelaskan bahwa minuman berpemanis gula bisa menjadi alternatif pengenaan obyek cukai baru.


"Pasalnya, jenis minuman ini sesungguhnya peredarannya harus dikendalikan, sehingga patut untuk dikenai cukai. Padahal, kita tahu minuman ini peredarannya masif, bahkan dikonsumsi oleh semua kelompok umur tanpa ada peringatan bahaya bagi pengonsumsinya,” ungkap Misbakhun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya