DPR dan Pemerintah Bahas Calon Tunggal Pilkada

Teknologi E-Voting Pilkada
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id - Meski Komisi Pemilihan Umum telah memperpanjang waktu pendaftaran hingga hari ini, Senin 3 Agustus 2015 namun ternyata hanya satu pasang calon kepala daerah di Kabupaten Serang, Banten.

Koalisi Kekeluargaan Masih Belum Bersifat Final, kata PDIP

Dengan terdaftarnya padangan Ahmad Syarif Madzkrullah dan Aef Saefullah yang didukung oleh Partai Gerindra, Hanura dan PBB ini paling tidak berkurang satu daerah yang memiliki calon tunggal.

Masih ada 11 daerah lagi yang memiliki calon tunggal. Sehingga kesebelas daerah itu terancam tak dapat mengikuti pilkada dan harus menunggu hingga tahun 2017. Namun, Ketua Komisi II DPR Rambe Kamarulzaman, mengaku masih optimistis ada calon lain yang akan mendaftar.

"Kita tunggu besok, kita tidak tahu apa masalahnya sehingga banyak daerah yang hanya ada calon tunggal," kata Rambe saat dihubungi, Minggu 2 Agustus 2015.

Namun, kata dia, jika besok masih ada daerah yang memiliki calon tunggal. Maka DPR akan segera bertemu dengan pemerintah dan KPU untuk membahas apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengindari pilkada 2017.

"Sebelum pengesahan calon tanggal 24 Agustus nanti kami akan berkumpul," kata dia.

Menurut dia, mereka akan membahas mengenai apa yang sebenarnya terjadi sehingga di 11 daerah itu tak ada yang berani mendaftar dan melawan calon kuat. Ada kemungkinan, kata dia, ketakutan dari partai politik jika akan mendaftarkan calon yak tak populer. "Orang takut, sudah keluarkan uang tetapi kalah," lanjutnya.

Sebanyak 11 daerah yang masih memiliki calon tunggal adalah Kabupaten Asahan di Sumatera Utara, Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat, Kota Surabaya, Kabupaten Blitar di Jawa Timur, Kabupaten Purbalingga di Jawa Tengah, Kabupaten Pacitan di Jawa Timur, Kabupaten Minahasa Selatan di Sulawesi Utara, Kota Mataram, Kota Samarinda, Kabupaten Timor Tengah Utara di NTT dan Kabupaten Pegunungan Arfak di Provinsi Papua Barat.

Sementara daerah yang sama sekali tidak memiliki pasangan calon adalah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur di Sulawesi Utara.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma

PDIP sampai saat ini belum memutuskan calon gubernur DKI.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016