Desak Pesaing Daftar Pilkada, Massa Serbu KPU Mataram

Kerusuhan pilkada di KPU Kota Mataram
Sumber :
  • VIVA.co.id/Kusnandar
VIVA.co.id
Pendaftaran Calon Perseorangan Pilkada DKI Dibuka Hari Ini
- Kantor KPU Kota Mataram diserbu massa pendukung pasangan calon kubu petahana, Jumat, 31 Juli 2015. Mereka menuntut ketegasan pihak KPU agar kandidat pasangan calon pesaing segera melakukan pendaftaran.

Ahok Maju Lewat Parpol, Bagaimana Nasib 1 Juta KTP?

Dari pantauan, massa pendukung yang mengatasnamakan Galang Bulan ini langsung melakukan pemblokiran jalan di depan kantor KPU Kota Mataram di lingkungan Jempong.
50% Hasil Pilkada Serentak Disengketakan ke MK


Dalam orasinya, mereka meminta agar KPU mendesak bakal pasangan calon Rosiady Sayuti dan Kasdiono memberikan kepastian terhadap pencalonannya.


"KPU harus tegas, agar pelaksanaan pilkada dapat berlangsung. Kami tidak menginginkan ketidakjelasan ini membuat kami resah," kata salah seorang orator Naming.


Merasa aspirasinya tidak dihiraukan KPU, massa pun bergerak menerobos pertahanan kepolisian yang berjaga. Mereka pun mulai anarkis dengan mendobrak pagar besi kantor KPU hingga rusak parah.


"Sudah memasang baliho besar mereka akan maju, tapi mana buktinya tidak ada kejelasan pasangan itu akan mendaftar. KPU harus tegas tentang ini," ujar Korlap massa pendukung Parman.


Aksi beringas massa ini beruntung masih dapat ditangani setelah ditenangkan Kepala Bagian Opsenal Polres Mataram dengan dibantu sejumlah anggota komisioner.


Terpisah, Kepala KPU Kota Mataram Ainul Asikin menegaskan, tidak akan mengubah apa yang sudah menjadi keputusannya. Pihaknya telah melakukan koordinasi dengan KPU tingkat provinsi dan KPU pusat.


"Kami sudah memutuskan bahwa kelengkapan rekomendasi sudah terpenuhi. Kami sudah berkoordinasi dengan KPU provinsi, KPU pusat jadi kalau ada yang merasa keberatan silahkan gugat ke pengadilan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya