Pilkada, Dua Kubu Golkar Sepakati 219 Calon Kepala Daerah

ptun kabulkan permohonan gugatan golkar kubu arb
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Solihin
VIVA.co.id
Politikus Budi Supriyanto Didakwa Disuap Ratusan Ribu Dolar
- Wakil Ketum DPP Partai Golkar Nurdin Halid menyatakan kubu Bali dan Ancol sepakat mengusung 219 calon kepala daerah yang sama dalam pemilihan kepala daerah pada Desember mendatang. Nurdin yang juga masuk dalam tim islah terbatas itu mengatakan, dengan waktu yang terbatas partai Golkar hanya bisa menghasilkan 81,5 persen dari 219 calon kepala daerah.

Partai Pendukung Ahok Pakai Janji Tertulis Biar Tak Membelot

"Perdebatan panjang tapi diskusi sangat cair. Kurang lebih 219 yang berhak mendaftar," kata Nurdin, Jakarta, Selasa, 28 Juli 2015.
Komisi V Apresiasi Gubernur Sulbar


Kendati pencalonan di 50 daerah lain tidak menghasilkan kesepakatan bersama, namun kata Nurdin, pihaknya tetap mendaftarkan calonnya.


"Tetap mencalonkan, tapi pencalonannya bukan atas kesepakatan. 50 daerah itu mendaftar juga," kata Nurdin.


Mantan Ketum PSSI itu mengatakan, pihaknya tak mempersoalkan pencalonan di 50 daerah tersebut. Sebab, penilaian persyaratan adalah kewenangan sepenuhnya KPU.


"Kan diversifikasi KPU yang menentukan. Kita enggak sempat karena waktu mepet," kata Nurdin.


Nurdin memastikan, kubu Munas Bali memilih calon berdasarkan pilihan yang objektif.


"Kalau kubu ARB dari kecamatan, DPD II, DPD I. Ancol mekanismenya enggak tahu. Kalau sama, ya, sudah sama. Kalau ada perbedaan kita bicarakan, kalau tidak ada kesepakatan kita diskusi terus."


Hari ini adalah batas akhir pendaftaran calon kepala daerah dalam pilkada serentak yang akan digelar 9 Desember mendatang. Sampai hari kedua kemarin, KPU mencatat sudah ada 240 bakal calon yang sudah mendaftar ke KPU masing-masing. Di Provinsi Jawa Timur misalnya, sampai kemarin sore tercatat 26 calon kepala daerah yang sudah mendaftar di KPU masing-masing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya