POLITIK

Wakil Gubernur Sulut Jalani Persidangan Awal

Terdakwa diduga melakukan korupsi atas pembayaran hutang aset hotel milik pemerintah.
Rabu, 10 Juni 2009
Oleh : Amril Amarullah
Pengadilan Tindak Pidana Korupsi

VIVAnews - Wakil Gubernur Sulawesi Utara Fredy Harry Sualang dan pelaksana tugas walikota manado Abdi Buchari, akhirnya duduk dikursi persidangan, sebagai terdakwa atas kasus korupsi, di sidang perdana di Pengadilan negeri Manado, Senin 9 Juni tadi sore.

Kedua terdakwa ini didakwakan karena, diduga telah melakukan korupsi, atas pembayaran hutang aset hotel milik pemerintah provinsi Sulawesi Utara, yakni Manado Beach Hotel.

Kasus tersebut berawal tahun 2002, pemerintah provinsi memiliki hutang di Badan Penyehat Perbankan Nasional, sebesar Rp25 miliar. Maka untuk membayar hutang tersebut, atas persetujuan antara eksekutif dan legislatif, akhirnya dana tersebut diambil di APBD 2002 sebesar 25 miliar.

Maka ditunjuklah wakil gubernur Freddy Sualang sebagai ketua tim negosiasi dan kepala biro ekonomi, yang kala itu dijabat Abdi Buchari, untuk mendampingi Sualang.

Agar hutang tersebut dapat dikurangi oleh BPPN. Setelah dilakukan negosiasi, akhirnya hutang tersebut dikurangi, hingga uang yang diambil di APBD, masih tersisa 11.2 miliar.

Sebaliknya kedua terdakwa ini tidak mengembalikan uang tersebut di APBD, tapi dibagi bagikan ke anggota tim lainnya, termasuk anggota DPR Provinsi yang kini juga telah menjadi terdakwa, atas kasus ini.

Sehingga kedua terdakwa ini, dijerat dalam pasal 2 ayat 1 jo pasal 18 Undang undang Korupsi nomor 31 tahun 199 yang telah diubah dengan Undang Undang Korupsi nomor 20 tahun 2001 tentang korupsi.

Sidang yang diketuai majelis hakim I Gde Wanugraha, yang beranggotakan I Made Sukanada dan Saur Titindaun, akan dilanjutkan selasa pekan depan, dengan pemeriksaan saksi. Yang diajukan Jaksa Penuntut Umum, Adri Notanubun dan  Cornelius Heydemas.

Sidang tersebut dipadati Pegawai Negeri Sipil dari Pemerintah Kota Manado. Bahkan usai sidang pendukung pelaksana tugas walikota dan pendukung walikota sebelumnya Jimi Rimba Rogi, sempat bersitegang dan nyaris adu jotos.

Pasalnya Walikota Manado Jimmi Rimba Rogi kini menjadi terdakwa kasus korupsi, dan kini sedang disidang di sidang KPK di jakarta. Sehingga pendukung Rogi menolak buchari mengganti sebagai walikota manado.

Laporan: Rahmahdian | Manado (antv)

TERPOPULER
File Not Found