Refly Mundur dari Istana, Tetap Komisaris BUMN

Refly Harun
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma
VIVA.co.id
Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat
- Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara. Secara teknis, Refly merasa tidak cocok dengan pekerjaan yang mengharuskannya berkantor setiap hari kerja.

Jokowi: Indonesia Bangga Raih Perak Pertama

"Mungkin pekerjaan itu tidak cocok buat saya, buat saya yang berat itu jam kantor yang harus reguler," kata Refly, Selasa 7 Juli 2015.
Ahok Ungkap Alasan Jokowi Sindir Keuangan Daerah


Refly menegaskan, siap setiap saat memenuhi panggilan tugas negara. Hanya saja, bila pekerjaan itu mengikatnya untuk rutin setiap hari berdinas secara ketat tidak bisa.


"Buat saya kalau membantu negara, kita bersedia setiap saat tapi tanpa harus diikat dengan jam kantor yang ketat, tidak ketat-ketat amat, tapi saya tidak terbiasa," ujarnya.


Tak hanya soal teknis itu, Refly juga mengutarakan alasan yang lebih substansial. "Yang kedua, kebebasan berpendapat. Rupanya memang sulit, menurut saya agak berlebihan juga kita menuntut mereka yang di istana tetap kritis, kritis dalam arti yang dipublikasikan, ya. Di internal tetap kritis tapi kalau tidak dipublikasikan kan publik tidak tahu," ujarnya.


Refly menuturkan, pada awal menerima jabatan itu dia ingin bereksperimen bagaiman tetap bisa kritis sementara berada di dalam lingkaran inti Istana.


"Jadi saya mau bereksperimen awalnya. Selain jam kerja kantor, saya tetap masuk istana saya tetap berpendapat sekritis-kritisnya tapi akhirnya saya tidak bisa, kondisi mengharuskan saya mengundurkan diri. Jadi, kalau ada teman aktivis bergabung istana susah mengharapkan mereka kritis seperti semula," ujarnya.


Meski mundur dari jabatannya di Istana, Refly bertahan di jabatannya sebagai Komisaris PT Jasamarga. Menurutnya, tugas dan tanggung jawab komisaris berbeda dengan direksi sehingga tetap dapat dijalankannya tanpa harus berkantor setiap hari.


Lantas, setelah mundur sebagai pejabat istana, apa kegiatan Refly? "Aktivitas lainnya menulis, mengajar dan bicara," katanya.


"Saya bisa beracara di MK, jadi konsultan masih bisa, pembicara seminar lebih bebas. Artinya saya punya aktivitas yang saya atur sendiri."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya