Ini Cara Demokrat Tentukan Calon di Pilkada

Temu Kangen SBY dengan Kader Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Partai Demokrat menyatakan siap menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar akhir tahun ini.

Demokrat Beberkan Alasan Pilih Koalisi Prabowo Ketimbang Jokowi

Ketua Pemenangan Pemilu Partai Demokrat, Eddy Baskoro Yudhoyono atau Ibas mengatakan, Partai Demokrat sudah menyiapkan strategi untuk memenangkan Pilkada.

"Partai Demokrat secara kelembagaan harus mempersiapkan secara baik dan benar, tentunya mempersiapkan kader-kader yang bisa bertarung dalam Pilkada serentak," ujar Ibas, di Jakarta, Sabtu malam, 4 Juli 2015.

Ia mengatakan, dibutuhkan peran strategis tokoh-tokoh Partai Demokrat yang bisa membawa kemajuan dan mengangkat elektabilitas calon pimpinan kepala daerah. Untuk itu, ia berharap, setiap kader yang maju dalam bursa pencalonan kepala daerah perlu dipersiapkan, baik program kerja maupun logistiknya.

DPP Demokrat Lolos Verifikasi Faktual KPU

"Kalau masalah logistik, kampanye kami serahkan pada kandidat dan para calon. Karena ini tugasnya sendiri untuk memenangkan di daerahnya sendiri. Kami dari partai hanya beri monitoring dan supervisi dan bantuan secara moral serta strategis," katanya menambahkan.

Mekanisme Penentuan Calon

Menurut Ibas, penentuan calon kepala daerah untuk tingkat provinsi dari kader Demokrat akan ditentukan oleh Majelis Pertimbangan. Meskipun nanti semuanya diserahkan kepada Ketua Umun dan Sekretaris partai.

"Tetapi pengambilan keputusan dalam hal penentuan, analisa serta penetapan calon itu ditentukan Majelis Pertimbangan Partai yang diisi 15 orang," katanya menjelaskan.

SBY Singgung Benny K Harman Sudah Tiga Kali Nyalon

Sementara, mengenai penentuan calon untuk tingkat kabupaten/kota mekanismenya akan ditentukan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Namun, dalam proses ini DPP menunggu usulan dari kader-kader daerah.

"Tentunya, ini penjaringan aspirasi masyarakat dan kader."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya