Politisi PDIP: Hercules Uzur Itu Hibah Australia

Pesawat Hercules Jatuh
Sumber :
  • ANTARA/Irsan Mulyadi
VIVA.co.id
Pesawat T-50 Golden Eagle Jatuh, DPR Minta Investigasi
- Anggota Komisi I DPR RI, TB Hasanuddin, mengatakan pesawat Hercules C130 milik TNI AU yang jatuh di Medan, Sumatera Utara, adalah tipe pesawat lama. Menurutnya pesawat tua itu seharusnya sudah tidak digunakan lagi.

TNI AU: Pesawat T-50i Laik Terbang

"Hercules yang jatuh kami cek itu Hercules yang lama. Yang tipe pendek yang dulu di lapangan terbang Halim dipindah ke Malang. Memang sudah tua/uzur seharusnya enggak layak pakai karena produk tahun 60-an," katanya di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 30 Juni 2015.
TNI AU: Awak Pesawat T-50 Tewas


Politsi PDIP ini tidak meragukan keseriusan TNI dalam pemeliharaan pesawat lama. Namun ia memastikan semua pesawat ada batas usia penggunaan.


"Sehingga kita menyarankan untuk membeli pesawat yang lebih baru. Enggak perlu menerima hibah-hibah yang kemudian kita membayarnya dengan cukup mahal. Beli saja yang baru kalau hibah dapat 10, yang baru 6. Pilih 6 saja," kata pria yang akrab disapa Kang TB itu.


Menurut Kang TB, pesawat Hercules yang jatuh merupakan hibah pada era Presiden SBY dari Australia.


"Kita akan berpikir ulang karena dulu zaman SBY kita akan mendapat hibah dan bayar lagi Hercules dari Australia. Mungkin kalau belum dilaksanakan kita setop saja hibah itu dan membeli jenis pesawat yang seperti itu tapi lebih baru dan modern," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya