PDIP: Sutiyoso Akan Dipilih Secara Aklamasi

Kepala BIN Sutiyoso.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Pramono Anung mengatakan, calon Kepala BIN Letjen (Purn) TNI Sutiyoso, akan disetujui oleh seluruh fraksi secara aklamasi.

Tim Pengawas Intelijen Dibentuk, Kepala BIN Tak Terganggu

"Apa yang berkembang, dilakukan persetujuan secara aklamasi. Karena hampir semua fraksi memberikan catatan secara positif, apresiasi," kata Pramono di gedung DPR, Jakarta, Selasa, 30 Juni 2015.

Diperkirakan, sore nanti sepuluh fraksi di DPR akan langsung menyetujui Sutiyoso sebagai Kepala BIN. Pramono menilai itu, karena dari pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, tidak ada yang bernada negatif.

DPR Bentuk Pengawas Intelijen, Apa Fungsinya?

"Tidak ada pertanyaan kontradiktif yang tajam, visi misi yang disiapkan Pak Sutiyoso. Jadi, saya yakin sebelum Ashar ini sudah selesai dan Pak Sutiyoso akan dipilih secara aklamasi," katanya menambahkan.

Selama pemaparan misi dan pendalaman materi, hal-hal yang ditanyakan anggota banyak menyangkut independensi Sutiyoso. Kata Pramono, Sutiyoso diminta tidak lagi terlibat dalam politik praktis. Mengingat, dia pernah menjabat Ketua Umum PKPI.

"Kedua, yang berkaitan dengan Papua. Yang masalah Papua ini mendapat perhatian yang sangat serius."

Sutiyoso: Bom Sarinah, BIN Tak Bisa Leluasa

(mus)

Kepala BIN Dinilai Cari Popularitas dari Amnesti OPM

Masalah integrasi OPM mestinya diumumkan Presiden, bukan Kepala BIN.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2016