Kantor Baru PDIP di Menteng Senilai Rp42,6 Miliar

PDIP dalam sebuah momen kampanye.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/HO/Roy Tangka
VIVA.co.id
PDIP Bahas Nama Budi Waseso untuk Pilkada Jakarta
- Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, akan meresmikan kantor DPP di Jalan Diponegoro Nomor 58 Menteng Jakarta Pusat, Senin, 1 Juni 2015.

Putra Risma Tak Rela Ibunya Jadi Calon Gubernur Jakarta

Dipilihnya tanggal 1 Juni, karena punya makna tersendiri. Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, mengatakan peresmian sengaja dilakukan pada 1 Juni, karena bertepatan dengan peringatan lahirnya Pancasila.
Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma


"Peresmian itu akan dilaksanakan secara sederhana," kata Hasto, dalam siaran persnya, Minggu, 31 Mei 2015.


Saat ini, DPP PDI Perjuangan menempati kantor di Lenteng Agung Jakarta Selatan. Dengan adanya kantor baru ini, maka akan menjadi pusat pengorganisasian partai.


Kantor baru ini juga dijadikan simbol tragedi Kudatuli (kerusuhan 27 Juli 1996), saat Megawati 'diusir' dari kantor terkait dualisme kepemimpinan. Pemerintahan Soeharto saat itu hanya mengakui Soerjadi sebagai ketua umum PDI.


"Kantor ini merupakan simbol kedaulatan partai. Aspek inilah yang coba diruntuhkan oleh kekuasaan otoriter pada saat itu. Peristiwa 27 Juli 1996 menjadi momentum ketika suara arus bawah menjadi tonggak demokrasi berhadapan kekuasaan otoriter Orde Baru," jelas Hasto.


Kata Hasto, kantor baru DPP ini akan menjadi simbol bahwa partai yang lahir sejak Reformasi ini, bersumber dari rakyat. "Kehadiran kantor tersebut dengan letaknya yang strategis diharapkan mampu meningkatkan fungsi koordinasi PDIP sebagai partai pengusung pemerintah," jelasnya.


Untuk pembangunan kantor ini, menghabiskan dana sebesar Rp42,6 miliar. Hasto mengaku, uang itu berasal dari gotong royong kader dengan masyarakat. Pihaknya juga melakukan penggalangan dana yang berlangsung sudah lima tahun ini. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya