SBY Ingatkan Menkumham Tak Intervensi Pengurus Demokrat

Temu Kangen SBY dengan Kader Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Demokrat Beberkan Alasan Pilih Koalisi Prabowo Ketimbang Jokowi
- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono akan segera menyerahkan daftar pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat ke Kementerian Hukum dan HAM. SBY baru saja mengumumkan susunan pengurus Partai Demokrat periode 2015-2020 tahap I, Sabtu, 30 Mei 2015.

DPP Demokrat Lolos Verifikasi Faktual KPU

Dalam susunan pengurus tahap I ini, SBY hanya mengumumkan formasi inti, seperti wakil ketua umum, sekjen, bendahara, ketua dewan pembina, ketua mahkamah partai dan direktur eksekutif. Adapun pengurus lainnya, seperti ketua DPP dan unsur di bawahnya akan disampaikan segera.
SBY Singgung Benny K Harman Sudah Tiga Kali Nyalon


"Minggu depan, susunan pengurus lengkap akan kami serahkan ke Kemenkumham sesuai Undang-Undang yang berlaku," kata SBY di Raffles Hills, Cibubur.


Menurut SBY, selama belum dilantik pada Juni 2015 mendatang, susunan kepengurusan Partai Demokrat masih mungkin untuk berubah. Apalagi ada situasi khusus yang menyebabkan struktur berubah. Seperti ada yang mengundurkan diri atau ada alasan lain.


"Maka akan kami lakukan koreksi pembetulan dan perubahan. Dengan harapan semua untuk kebaikan Partai Demokrat," ujar dia.


Situasi itu kata SBY, sangat mungkin terjadi. SBY menuturkan, dinamikan serupa pernah terjadi pada saat menjabat Presiden RI periode 2004-2009, saat reshuffle kabinet. Ada perubahan nama-nama menteri disaat-saat terakhir, sehingga membutuhkan keputusan yang cepat.


SBY menegaskan susunan kepengurusan lengkap DPP Partai Demokrat akan diserahkan ke Kemenkumham untuk dilakukan otentifikasi dan validasi sesuai UU. Meski demikian, SBY mengingatkan Menkumham tidak bisa mengintervensi formasi pengurus yang telah disusun Tim Formatur Partai Demokrat.


"Ingat, Menkumham tidak pada posisi setuju atau tidak menyetujui. Itu urusan kami," tegas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya