Jelang Pilkada, Pemerintah Harus Memetakan Konflik

Kawal Perppu Pilkada Langsung
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2015 mendatang.

Koalisi Kekeluargaan Masih Belum Bersifat Final, kata PDIP

Pada tahap awal, Pilkada serentak akan digelar di sembilan provinsi Indonesia dan 260 Kabupaten/Kota.

Pengajar FISIP Universitas Hasanudin, Adi Suryadi Culla mengkhawatirkan pelaksanaan Pilkada secara serentak tidak berjalan sesuai rencana. Ketakukan itu muncul karena  pengalaman sebelumnya banyak pilkada berakhir dengan konflik.

"Ada kantong-kantong daerah yang berpotensi terjadinya konflik. Untuk itu KPU perlu lakukan pemetaan daerah yang berpotensi terjadinya konflik," kata Adi dalam diskusi bertajuk Menghitung Problematika Pilkada Serentak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu, 30 Mei 2015.

Dicontohkan Adi, provinsi Sulawesi Selatan tepatnya di Palopo sempat mengalami konflik usai Pilkada. Ia pun berharap jangan sampai kejadian serupa terjadi kembali.

"Di Palopo pernah sampai bakar-bakaran, itu mengkhawatirkan. Nggak bisa dibayangkan di 11 daerah Sulawesi Selatan terjadi konflik, itu bahaya betul," katanya.

Konflik itu terjadi karena kultur politik terlaksana dengan baik. Banyak dari mereka yang kalah belum bisa menerima dengan lapang dada.
"Kultur politik kita belum bisa menjamin Pilkada berjalan baik. KPU segera lakukan pemetaan daerah konflik," tuturnya.

Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma

PDIP sampai saat ini belum memutuskan calon gubernur DKI.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016