JK: Aburizal dan Agung Sudah Paraf Kesepakatan Islah

konferensi internasional teroris dan isis
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Mediator perselisihan kepengurusan Partai Golkar, Jusuf Kalla, memastikan, dua kubu, yakni Aburizal Bakrie dan Agung Laksono, telah sepakat untuk islah atau berdamai.

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka

Mantan Ketua Umum Partai Golkar ini, menepis kecurigaan sebagian kalangan bahwa kesepakatan islah belum tercapai hingga kini. Menurut dia, Aburizal Bakrie dan Agung Laksono telah meneken dokumen kesepakatan perdamaian.

“Sudah paraf semua (Agung dan Aburizal Bakrie)," ujarnya saat ditemui di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu, 27 Mei 2015.

Wapres Kalla Resmikan Pembukaan GIIAS 2016

Dia menjelaskan, ada empat prinsip dasar islah yang sudah diteken masing-masing pihak. Pertama, komitmen kedua pihak untuk mengedepankan kepentingan Partai Golkar. Kedua, mengenai persiapan menghadapi Pilkada pada Desember 2015. Ketiga, soal tim. Keempat, masalah kepengurusan yang sah untuk memparaf calon kepala daerah, diserahkan pada aturan yang berlaku.

Sesuai kesepakatan itu, katanya, sekarang tinggal mempertemukan kedua pihak, kubu Agung Laksono maupun kubu Aburizal Bakrie. "ARB baru ke luar negeri, nanti kembali lagi. Hari Jumat kira-kira,” ujarnya.

Politikus Budi Supriyanto Didakwa Disuap Ratusan Ribu Dolar

Dia belum memastikan lokasi pertemuan guna meresmikan deklarasi perdamaian. Begitu juga masalah teknis lain, seperti kepengurusan mana yang akan diakomodasi KPU untuk Pilkada serentak. Tapi itu bukan soal besar karena hanya perkara teknis yang tak memengaruhi komitmen islah.

Sebelumnya, JK sudah bertemu kepengurusan hasil Munas Bali, yang diwakili Aburizal Bakrie dan Idrus Marham. Dia juga sudah bertemu Agung Laksono dan Zainuddin Amali, dari Munas Ancol. Kubu Ancol sepakat islah untuk Pilkada serentak.

Partai Golkar terancam tak bisa mengikuti Pilkada serentak pada 9 Desember 2015. Pasalnya, Peraturan KPU mengharuskan kepengurusan pusat partai politik hanya satu atau tunggal. Kalau terjadi konflik, harus islah.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya