Ini Teknis Islah Kubu Golkar

Partai Golkar
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang
VIVA.co.id -
Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka
Wakil Presiden Jusuf Kalla, menjadi mediator islah, atau perdamaian, antara kedua kubu di DPP Golkar.

Wapres Kalla Resmikan Pembukaan GIIAS 2016

Usai pertemuan selama lebih kurang satu jam antara JK dengan Agung Laksono, dari kubu Munas Ancol, disepakati islah. Pekan ini, Aburizal Bakrie sebagai Ketua Umum Partai Golkar versi Munas Bali dan Agung Laksono akan bertemu.
Politikus Budi Supriyanto Didakwa Disuap Ratusan Ribu Dolar


"Ditindaklanjuti dengan ditetapkan semacam tim kerja dari masing-masing di tingkat nasional," kata Agung, usai bertemu JK di kediaman dinas Wapres, Menteng Jakarta, Senin 25 Mei 2015.


Tim terdiri dari beberapa pihak, baik dari kubu Munas Bali maupun dari kubu Ancol. "Tiga dari kami (Ancol) dan tiga dari kubu Bali. Untuk kemudian menyusun seperti apa formulanya dari satu pintu itu," jelasnya.


Disepakati, untuk mengajukan calon kepala daerah ke Komisi Pemilihan Umum, melalui satu DPP Golkar. Bukan dari kepengurusan Ancol, atau Bali, tetapi hasil kesepakatan bersama. Begitu juga, untuk menentukan calon kepala daerah yang mana yang layak diusung. Tujuannya, agar tidak terjadi dualisme calon.


"Misalnya bahwa penentuan bakal calon kepala daearah nanti, itu atas dasar hasil survei dan tidak ada istilah harus bayar mahar dan sebagainya," kata Agung.


Namun, kesepakatan tersebut masih belum tersusun rapi.


"Nanti akan dilakukan oleh tim Pak JK sendiri. Kemudian, nanti dalam minggu ini bisa Rabu atau Kamis, itu diadakan penandatanganan secara formal," katanya.


Kesepakatan ini, adalah langkah politik partai untuk mensukseskan pilkada serentak. Di mana, pendaftaran calon dilakukan pada 26-28 Juli 2015. Sementara itu, pilkada serentak dilakukan pada 9 Desember 2015.


"Ada pun persoalan internal tentang perselisihan kepengurusan tetap dilakukan melalui jalur hukum dan sekarang sedang tingkat banding. Itu tidak berubah," jelas Agung.


Sebelumnya, JK juga sudah bertemu dengan Ketua Umum DPP Golkar hasil Munas Bali, Aburizal Bakrie yang didampingi Sekjen Idrus Marham. Sementara itu, pertemuan Agung dengan JK, juga didampingi Sekjen hasil Munas Ancol, Zainuddin Amali. Pertemuan berlangsung sekitar satu jam. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya