Renungan Kelahiran Pancasila

Arya Bima: Ini Bukan Kampanye

VIVAnews - Fungsionaris Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Arya Bima, menegaskan acara renungan suci memperingati kelahiran Pancasila bukanlah suatu bentuk kampanye dari pasangan Megawati Soekarnoputri dan Prabowo Subianto.

"Yang jelas acara ini renungan untuk memperingati kelahiran Pancasila pada 1 Juni oleh keduanya," kata Arya Bima usai renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Senin 1 Juni 2009. "Masalah kampanye sudah diatur KPU."

Dalam renungan suci itu dihadiri sekitar seribu pendukung pasangan Mega-Prabowo. Megawati sendiri bertindak sebagai inspektur upacara. Sedangkan Prabowo bertugas membacakan ikrar Pancasila.

Menurut Arya Bima, renungan ini adalah untuk mempertegas ideologi Pancasila yang memiliki makna kerakyatan dalam sistem ketatanegaraan. "Ini kegiatan rutin kedua partai," ujarnya.

Pancasila lahir pada 1 Juni 1945. Kelahiran Pancasila ini pertama kali disampaikan Soekarno di hadapan sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Saat itu ayah Megawati ini mengungkapkan dasar, filsafat pikiran yang sedalam-dalamnya bagi didirikannya Negara Republik Indonesia, dalam wujud Pancasila.

Pengakuan Pelaku Begal Siswa SMP di Depok Usai Ditangkap: Incar Anak Sekolah Bawa HP
Kabaharkam Komjen Pol Fadil Imran

Komjen Fadil Pimpin Pengamanan Ajang World Water Forum di Bali, 5.791 Polisi Dikerahkan

Kepala Baharkam Polri, Komjen Fadil Imran akan pimpin apel Operasi Puri Agung 2024, guna mengawal acara World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali. WWF rencana digelar pada 18

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024