Pengiriman Nakes Diharapkan Tidak Berbenturan

Anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawati
Sumber :

VIVA.co.id - Rencana Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang akan mengirimkan tenaga kesehatan (nakes) ke berbagai daerah, diharapkan tidak berbenturan dengan program nakes pegawai tidak tetap (PTT) yang sudah ada di daerah.

Demikian disampaikan anggota Komisi IX DPR RI Okky Asokawati (Dapil DKI II), menanggapi pengiriman tahap pertama 143 nakes ke daerah tertinggal, perbatasan, dan kepulauan terluar (DTPK) dalam program Nusantara Sehat. Mereka akan ditempatkan di 120 puskesmas di 48 kabupaten DTPK yang terdiri atas Aceh, Papua, Bengkulu, Maluku, NTT, Kalbar, dan Sulut.

“Yang perlu dicermati adalah mapping dari keperluan nakes pada suatu daerah, mengingat Kemenkes juga sudah memiliki program PTT di daerah-daerah. Jangan sampai pengiriman tim nakes ini seperti menggarami lautan, karena sudah tersedianya PTT di daerah,” ujar Okky, di Jakarta, Rabu 6 Mei 2015.

Dia menambahkan, yang juga perlu dipikirkan adalah status para nakes usai kontrak tugas selama dua tahun di DTPK. Apalagi, masalah nakes PTT di daerah hingga kini belum jelas.

“Hendaknya hal ini menjadi pertimbangan pemda pula untuk mengangkat mereka menjadi PNS,” harap anggota F-PPP DPR itu.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Namun, Okky tetap mengapresiasi program pengiriman nakes ini sebagai jawaban atas kekurangan dan ketidakmerataan penyebaran nakes di daerah. Dengan program ini, lanjut Okky, kejenuhan para nakes di daerah bisa teratasi. Selain itu, penanganan kesehatan di daerah diharapkan bisa diatasi secara holistik.

“Ketika Bu Nila dipilih oleh Pak Jokowi sebagai Menkes, saat itu saya berharap beliau akan membuat terobosan untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia. Beliau juga utusan MDG’s pada kabinet SBY. Tampaknya harapan saya terlaksana dengan program Nusantara Sehat ini yang merupakan pelaksanaan dari program Pencerah Nusantara ketika beliau menjadi utusan MDG’s,” ungkap Okky.

Seperti diketahui, 143 nakes yang dikirim itu terdiri atas 12 dokter, 20 perawat, 20 bidan, 20 tenaga kesehatan masyarakat, 20 tenaga kesehatan lingkungan, 16 ahli tenaga laboratorium medik, 20 tenaga gizi, dan 15 tenaga farmasi. Jumlah 143 nakes tersebut merupakan tahap pertama dari 960 nakes yang akan dikirim. (www.dpr.go.id)

Anggota Komisi VII DPR RI Aryo Djojohadikusumo

Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

Demi mencapai kedaulatan energi.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016