Demokrat Dinilai Belum Matang, SBY Masih Dibutuhkan

Rapimnas Partai Demokrat 2014
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu
VIVA.co.id
Demokrat Beberkan Alasan Pilih Koalisi Prabowo Ketimbang Jokowi
- Kongres IV Partai Demokrat digelar di Surabaya, Jawa Timur, pada 11-13 Mei 2015. Namun dukungan kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menjadi Ketua Umum terus mengalir. Dewan Pimpinan Wilayah Kader Muda Demokrat (KMD) Jawa Timur mendeklarasikan dukungan kepada SBY.

DPP Demokrat Lolos Verifikasi Faktual KPU

Ketua KMD Jawa Timur, Sanditia Devis Saputra, menilai SBY sebagai calon incumbent memiliki kekuatan dukungan 30 persen lebih. "SBY hampir pasti terpilih kembali menjadi Ketua Umum DPP PD periode 2015-2020," ujarnya usai deklarasi dukungan terhadap SBY di Surabaya, Minggu, 3 Mei 2015.
SBY Singgung Benny K Harman Sudah Tiga Kali Nyalon


Sanditia berharap SBY mau menggandeng kader muda yang memiliki integritas untuk masuk di struktur pimpinan pusat Partai Demokrat periode 2015-2020 jika terpilih sebagai Ketua Umum.


"Saya berharap SBY menggandeng kader muda yang bersih sebagai Sekretaris Jenderal Partai Demokrat nantinya," katanya.


Menurut Sanditia, SBY merupakan konseptor sekaligus konsolidator organisasi serta pemersatu seluruh unsur Partai Demokrat dan mampu mensinergikan segenap elemen partai dalam komunikasi maupun sikap dan tindakan politik.


"Demokrat masih membutuhkan pematangan dan pengentalan organisasi. Karena itu sosok SBY masih sangat dibutuhkan memimpin Partai Demokrat agar pada pemilu 2019 bisa kembali menjadi pemenang, serta menjadi kekuatan penyeimbang yang konstruktif bagi pemerintahan Presiden Jokowi saat ini," kata Sanditia, yang juga legislator Fraksi Partai Demokrat DPRD Kabupaten Lamongan.


Senada dikatakan Sekretaris Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan Partai Demokrat, Farhan Effendi. Dia berharap posisi Sekretaris Jenderal kelak diisi kader-kader muda yang tentunya progresif, memiliki pengalaman berorganisasi, tidak elitis, memiliki rekam jejak yang baik, dan loyal terhadap Partai. Dia juga menginginkan posis pengurus harian di pimpinan pusat dijabat kader muda yang memiliki potensi.


"Tetapi siapa saja yang akan dipilih menjadi Sekjen itu, sepenuhnya kita serahkan kepada Pak SBY dan tim formatur nantinya," katanya.


Hingga kini, sudah muncul empat nama kandidat yang digadang-gadang sebagai Sekretaris Jenderal Partai Demokrat periode 2015-2020. Di antaranya, Dino Pati Jalal (Mantan Dubes Amerika Serika), Dipo Alam (mantan Sekretaris Kabinet Presiden SBY), Ulil Absar Abdalla (Ketua Pusat Pengembangan Strategi dan Kebijakan Partai Demokrat), dan Andi Arif (mantan Staf Khusus Bidang Bencana Presiden SBY).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya