Komisi VIII Apresiasi FKUB Provinsi Bali

Hidayat Nur Wahid Kunjungi VIVAnews
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Komisi VIII DPR RI mengapresiasi keberadaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bali sebagai inisiator sekaligus contoh nasional dalam membangun kebersamaan dan kedamaian antar umat beragama dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika di Indonesia.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Demikian salah satu poin yang mengemuka dalam pertemuan Tim Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI Ke Provinsi Bali pada Reses Masa Persidangan III Tahun Sidang 2014-2015 dengan Gubernur Bali yang diwakili Asisten I Bidang Ekonomi dan Kesda, I Ketut Wija, Pimpinan DPRD, Kakanwil Kemenag, Kadinsos, Kepala BPBD, Kepala Bazda, Kepada Badan PPPA, Kepala BWI, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Provinsi Bali serta jajaran, Senin 27 April 2015.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Dalam perannya yang cukup sentral tersebut, ternyata FKUB Provinsi Bali pada Tahun 2015 ini hanya mendapat anggaran Rp50 juta dan itupun dalam bentuk barang.


Hal ini mendapat perhatian dari Anggota Komisi VIII DPR RI, Hidayat Nur Wahid. Menurut politisi PKS tersebut, kecilnya anggaran yang diperoleh FKUB Bali sangat tidak sebanding dengan perannya yang cukup sentral yaitu membangun kerukunan antar umat beragama.


"Dengan anggaran sekecil itu apakah FKUB bisa menjalankan tugas dan fungsinya secara maksimal selama ini," tukas Hidayat.


Politisi yang juga menjabat Wakil Ketua MPR ini juga prihatin dengan kondisi kerukunan umat beragama saat ini yang mulai rapuh karena melupakan nilai-nilai keberagaman sesuai falsafah kita Bhineka Tunggal Ika di Indonesia.


Di lain pihak, Ketua FKUB Provinsi Bali, Dewa mengakui minimnya anggaran yang diterima FKUB yang pada Tahun 2014 Rp30 juta lalu Tahun 2015 meningkat hanya Rp50 juta. "Anggaran itupun tidak dalam bentuk uang tapi barang," kata Dewa.


Namun demikian, pegiat FKUB cukup optimis karena pada Tahun yang akan datang (2016) Gubernur Bali akan mengalokasikan Rp500 juta dari APBD untuk mendukung kinerja FKUB Bali. "Dana tersebut nantinya akan dikelola oleh SKPD, sementara FKUB bisa mengajukan proposal jika akan mengadakan kegiatan," jelas I Ketut Wija


Di akhir pertemuan Komisi VIII DPR RI secara simbolis menyerahkan bantuan dari pemerintah pusat (BNPB) kepada Pemprov Bali berupa 1 set perahu lipat untuk penanggulangan bencana.


Ketua Tim Kunker Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid dengan anggota antara lain Fathan, Erwin Moeslimin Singajuru, Rachmat Hidayat, Djalaludin Rahmat, Muhammad Lutfhi, H.Anda, Linda Megawati, Bisri Romli, Hidayat Nur Wahid, Achmad Fauzan Harun, Hj. Tri Murny, Lalu Gede Syamsul Mudjahidin. (www.dpr.go.id)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya