Organisasi Buruh Akan Mendirikan Partai Politik

Buruh Tolak Kenaikan Harga BBM
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Jelang peringatan Hari Buruh Internasional 2015 atau May Day, gerakan buruh Indonesia yang terdiri dari KSPI, KSPSI, KSBSI, KP-KPBI, FSPASI dan elemen rakyat lainnya bersepakat untuk mendirikan partai politik.

Komisi IX Minta Menaker Lebih Giat dan Pro Terhadap Buruh

Perwakilan dari Komite Persiapan-Konfederasi Persatuan Buruh Indonesia (KP-KPBI), Ilham Syah mengatakan, May Day di Indonesia tahun ini akan berbeda. Ia mengatakan, tahun ini bukan lagi hanya sekadar kampanye persoalan-persoalan normatif perburuhan semata, namun May Day kali ini harus mampu meningkatkan kesadaran politik kaum buruh.

"Sudah cukup kamu buruh dan rakyat jelata terus dibodoh-bodohi oleh elite-elite politik yang berkuasa saat ini," ujar Ilham dalam Konferensi Pers dengan tema 'Buruh bersatu bersama rakyat bangun partai politik sendiri' di Hotel Sofyan, Jl. Cut Mutia, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis, 23 April 2015.

Apindo Keberatan Iuran BPJS Kesehatan Naik

Presiden KSPSI Andi Gani menambahkan, kaum buruh adalah rakyat mayoritas yang seharusnya mempunyai kekuatan penentu dari setiap kebijakan-kebijakan yang dilahirkan oleh rezim Jokowi-JK. Namun faktanya, sampai saat ini kaum buruh hanya dijadikan objek oleh penguasa.

"Ini sudah tidak bisa ditunggu lagi bahwa kaum buruh dan rakyat yang sedang berlawan harus memilik rumah politiknya sendiri," ujar Andi.

ILO: Tak Ada Alasan Perusahaan Tolak Penyandang Disabilitas

Dalam peringatan Hari Buruh Internasional nanti, mereka juga menuntut kepada pemerintahan Jokowi-JK untuk serius menjalankan konstitusi dan amanat reformasi 1998. Mereka merasa bahwa pemerintah belum memiliki komitmen yang jelas dalam menyejahterakan rakyat Indonesia.

"Jika pemerintah ingin mengembalikan kedaulatan bangsa Indonesia, maka pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Jokowi-JK harus menghentikan proses liberalisasi yang sedang berlangsung di seluruh sektor, terkhusus di sektor ketenagakerjaan."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya