Marzuki: Tak Ada Aklamasi untuk SBY di Kongres

SBY dan Marzuki Alie
Sumber :
  • TV One

VIVA.co.id - Keinginan sejumlah elite Partai Demokrat agar SBY aklamasi dalam Kongres di Surabaya pada 11-13 Mei 2015 menjadi ketua umum, ditentang oleh politisi senior yang juga siap maju, Marzuki Alie.

DPP Demokrat Lolos Verifikasi Faktual KPU

Klaim sejumlah elite seperti Syarief Hasan maupun Ruhut Sitompul, bahwa daerah-daerah sudah memberi dukungan aklamasi ke SBY, tidak bisa dijadikan alasan menjegal calon lain.

"Surat dukungan bukan bagian dari proses Kongres. Bagian Kongres itu nanti saat pencalonan," kata Marzuki, di kantornya di Plaza Sentris, Kuningan, Jakarta, Rabu 22 April 2015.

Dia menjelaskan, proses pencalonan dan siapa yang akan maju menjadi kandidat ketua umum, ditentukan saat Kongres. Marzuki menilai, upaya-upaya aklamasi yang digalang elite partai tertentu untuk mengukuhkan SBY adalah tidak tepat.

"Tidak ada aklamasi, itu namanya pemaksaan. Partai Demokrat habis, nilai demokrasinya nggak berjalan," kata Sekjen DPP Demokrat 2004-2009 ini.

Marzuki mengaku, tidak ada masalah kalau kader memberi dukungan ke SBY untuk jadi ketua umum.

"Kalau memang Pak SBY dapat dukungan luar biasa, saya akan dukung 1.000 persen. Nggak ada masalah. Saya ini kader beliau, beliau guru saya," ujarnya.

Namun, menurut Marzuki, saat sekarang sudah tidak tepat lagi bagi SBY untuk menduduki posisi ketua umum. Dia mengingatkan lagi pesan SBY saat Kongres Luar Biasa di Bali 2012 lalu, bahwa SBY menjadi ketua umum hanya mengantarkan sampai Pemilu 2014 saja.

"Sebaiknya beliau di posisi negarawan, bapak bangsa, jangan diturunkan. Kalau diturunkan yang rugi Partai Demokrat sendiri," ujar Marzuki. (ase)

Ilustrasi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat rapimnas partai,

Demokrat Beberkan Alasan Pilih Koalisi Prabowo Ketimbang Jokowi

"Bagi kami koalisi ingin yang setara, sederajat.

img_title
VIVA.co.id
9 Juli 2018