Hanya Butuh 3 Jam, Badrodin Aklamasi Jadi Kapolri

Komisi III Sambangi Rumah Badrodin Haiti
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id -
Kapolri: Jumlah Kelompok Santoso Poso Puluhan Orang
Proses
fit and proper test
Badrodin Haiti Resmi Jadi Kapolri
calon Kapolri, Komjen Badrodin Haiti yang berlangsung di Komisi III DPR, menciptakan 'rekor' tercepat. Bahkan, tidak ada yang keberatan dan tidak ada pendalaman materi.
Besok, Badrodin Haiti Dilantik Jadi Kapolri

Proses uji kelayakan, dimulai pukul 10.00 WIB dan diakhiri pukul 12.00 untuk dilanjutkan istrahat dan salat. Namun, proses uji kelayakan berakhir lebih cepat. Hanya ditambah waktu 15 menit dari jam 12.00 WIB.


Anggota dari Fraksi PKS, Aboebakar Alhabsy mengaku takjub. Bagi dia, rekor kali ini, calon Kapolri didukung penuh terutama oleh internalnya.


"Ada soliditas,
subhanallah,
ada kelengkapan penuh (anggota Polri yang datang). Biasanya hanya 16. Dari bintang satu, bintang dua, bintang tiga sampai kopralnya di depan (hadir)," kata Aboebakar di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis 16 April 2015.


Tak banyak yang menggunakan waktunya, untuk mencecar Komjen Badrodin dengan berbagai masalah. Terhitung seperti PAN, Golkar, PKS dan PPP hingga PKB, langsung menyatakan dukungannya.


"Kita angkat dulu sebagai Kapolri, besok kita selesaikan secara adat. Kami PKS mendukung dan menyetujui, dan semoga bisa dilanjutkan pimpinan Komisi III," kata Aboebakar.


Beberapa kali, pimpinan yang diketuai Azis Syamsuddin ini, meminta agar fraksi tidak memperdalam pertanyaan. Hingga akhirnya, semua setuju untuk memilih Komjen Badrodin Haiti sebagai Kapolri, yang akan dibawa ke Paripurna DPR dan langsung diajukan ke Presiden Joko Widodo.


"Saya minta persetujuan, apabila ini bisa disepakati secara aklamasi. Maka kami di meja pimpinan dapat memberi persetujuan. Apakah terhadap saudara calon Kapolri Komjen Badrodin Haiti, dapat kita setujui secara aklamasi?" kata Azis.


Semua anggota serentak setuju aklamasi. Ada 10 fraksi dan 55 anggota.


Sementara itu, Badrodin menyampaikan terima kasih dan apresiasi pada para anggota Komisi III begitu mereka memberikan persetujuan dia menjadi kapolri.


"Tentu ini tugas berat yang harus saya laksanakan untuk mengemban amanah dengan baik. Saya juga berharap Komisi III sebagai mitra Polri untuk bisa memberikan masukan-masukan demi perbaikan Polri ke depan," kata Badrodin.![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya