Siang Ini, Komisi III Sambangi Rumah Badrodin Haiti

Badrodin Haiti Resmi Jabat Wakapolri
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Usai pleno Komisi III DPR soal fit and proper test calon kapolri, diputuskan untuk tetap mengunjungi kediaman calon Komjen Badrodin Haiti di kawasan Ragunan Jakarta Selatan. Dijadwalkan, mereka akan berangkat Rabu, 15 April 2015 siang ini pukul 13.30 WIB.

Walau kunjungan itu sebagai rangkaian dari fit and proper test, namun Komisi III belum tentu melanjutkan untuk proses uji kelayakan tersebut.

"Kunjungan ini tetap rangkaian fit tapi terkait fit and proper," kata Ketua Komisi III, Azis Syamsuddin, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 15 April 2015.

Lazimnya, kunjungan dilakukan setelah Komisi III memutuskan untuk melakukan fit and proper test hingga dibawa ke paripurna. Namun kali ini, kunjugan tetap dilakukan tapi belum memutuskan untuk ke tahapan fit and proper test.

Azis beralasan, karena soal Komjen Badrodin Haiti ini, seluruh fraksi harus mengkoordinasikan dulu dengan partai masing-masing.

"Ada beberapa anggota digeser sore, akan konsolidasi ke induk masing-masing, kunjungan ke rumah beliau akan dilakukan," kata Azis.

Persoalan utamanya, masih soal nasib Komjen Budi Gunawan. Komjen Budi pada awal Februari 2015 lalu, diajukan Presiden Joko Widodo sebagai calon kapolri. Sudah disetujui oleh Komisi III dan paripurna. Namun, Jokowi tak melantik walau Komjen Budi sudah bukan tersangka lagi.

Badrodin Haiti Resmi Jadi Kapolri

Kondisi ini yang membuat Komisi III, masih mempertimbangkan apakah fit and proper test Komjen Badrodin dilanjutkan atau tidak.

"Jika disepakati, dalam rapat pleno mengagendakan apakah fit and proper test diteruskan atau tidak, apa kita mengagendakan untuk mencabut hasil Budi Gunawan atau kita akan sekalian melakukan pencabutan dan persetujuan Badrodin Haiti," jelasnya.

![vivamore="
Besok, Badrodin Haiti Dilantik Jadi Kapolri
Baca Juga :"]
Badrodin Haiti Lolos Jadi Kapolri, Ini Tanggapan KPK

[/vivamore]

Kapolri: Jumlah Kelompok Santoso Poso Puluhan Orang

Polri terus memburu kelompok yang beranggota 30-40 orang ini.

img_title
VIVA.co.id
13 November 2015