DPR Kebut Fit And Proper Badrodin Haiti Jadi Kapolri

Wakapolri Badrodin Haiti Saat Kenaikan Pangkat Budi Waseso
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin
VIVA.co.id
Badrodin Haiti Resmi Jadi Kapolri
- Pekan ini, DPR akan melakukan uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri, Komjen Badrodin Haiti. Komisi III DPR bahkan dijadwalkan mengunjungi rumah Badrodin Haiti, hari ini, Rabu 15 April 2015.

Besok, Badrodin Haiti Dilantik Jadi Kapolri

Sehari sesudahnya Komisi Bidang Hukum akan menggelar rapat pleno, mengatur hasil uji kelayakan dan kepatutan yang akan disampaikan dalam rapat paripurna pada Senin pekan depan.

Disampaikan Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah, dia menyetujui rencana komisi hukum untuk mempercepat pelaksanaan tahap pencalonan Komjen Badrodin Haiti sebagai Kapolri. Persetujuan dari pimpinan DPR muncul menyusul pelaksanaan Konferensi Asia Afrika ke-60 yang akan digelar di Jakarta dan Bandung pada 19-21 April mendatang.

"Karena ini konsennya keamanan nasional  dan pengamanan tamu-tamu negara dan sebagainya," ujar Fahri di gedung DPR RI, Jakarta, Selasa 14 April 2015.

Fahri juga mengaku kesepakatan untuk mempercepat tahapan tersebut sudah dibicarakan dengan Komisi III DPR. Politisi PKS ini beralasan, langkah menyegerakan uji kepatutan dan kelayakan tak menabrak aturan dan prosedur yang ada.

Sebelumnya, KPK menyatakan pihaknya belum menemukan tindakan korupsi oleh calon Kapolri Komjen Badrodin Haiti (BH).

"Tetapi, KPK ketika ditanyakan dengan catatan yang ada, kami belum menerima apapun tentang dugaan tipikor yang dilakukan BH dan TPPU pun kami belum menerimanya seperti yang disampaikan oleh PPATK," kata Pelaksana Tugas KPK, Taufiqurahman Ruki, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 9 April 2015.

Kendati demikian, Ruki mengatakan, lembaganya tidak akan memberikan rekomendasi apapun kepada DPR terkait calon Kapolri Badrodin Haiti.

"Ini bukan domain hukum, ini adalah politik. KPK tidak punya hak memberikan itu," ujarnya.

Integritas calon Kapolri Komjen Badrodin Haiti juga disampaikan Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK).

"Memang dari apa yang kita peroleh, tidak ada masalah. Harapan saya semoga semua lancar sampai hari ini sudah tidak ada masalah," ujar Ketua PPATK, Muhammad Yusuf.

Tahap Menuju Uji Kepatutan dan Kelayakan

Rencana untuk mempercepat tahapan tersebut juga sudah menjadi agenda Komisi III DPR hari ini (Selasa, 14 April 2015). Anggota Komisi III DPR, Desmond J. Mahesa, menyatakan jika komisinya akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kompolnas sebelum melakukan uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri Komjen Badrodin Haiti.

Desmond mengatakan, RDP dengan kompolnas untuk mengklarifikasi beragam informasi seputar Badrodin Haiti.

"Dulu, ada pernyataan Kompolnas soal Pak Badrodin soal rekening gendut. Nah, kalau PPATK dan KPK kan bilang clear," kata Desmon di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin 13 April 2015.

Selanjutnya uji kepatutan dan kelayakan akan dilakukan pada Kamis dan Jumat. Hasil keputusan itu akan diserahkan kepada pimpinan DPR, untuk disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

"Insya Allah tanggal 20 April kita sudah punya Kapolri," ujar Wakil Ketua DPR RI, Agus Hermanto. (one)

![vivamore="Baca Juga :"]

Badrodin Haiti Lolos Jadi Kapolri, Ini Tanggapan KPK

[/vivamore]

Laporan: Nur Azizah/ Jakarta

Kapolri: Jumlah Kelompok Santoso Poso Puluhan Orang

Polri terus memburu kelompok yang beranggota 30-40 orang ini.

img_title
VIVA.co.id
13 November 2015