Alasan PAN Belum Tentukan Sikap Hak Angket Menkum HAM

Menkumham Yasonna Laoly
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
VIVA.co.id
Menteri Yasonna Temui Wapres Bahas Golkar
- Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais menyebutkan nama Mulfachri Harahap yang sebelumnya merupakan Wakil Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) sebagai calon ketua fraksi menggantikan Tjatur Sapto Edy. Amien juga meminta wartawan untuk menanyakan sikap PAN terkait hak angket kepada Mulfachri.

Menkumham Copot Kepala Lapas Kerobokan

Saat dikonfirmasi, Mulfachri mengatakan dirinya belum resmi menjadi ketua fraksi karena Surat Keputusan mengenai hal itu belum dikeluarkan. Ia juga mengaku belum memberikan instruksi apapun kepada anggota fraksi. Hingga sejauh ini ia mengungkapkan, PAN masih mempelajari urgensi hak angket terhadap Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

"Saya kira angket ini kan sebenarnya ditujukan kepada presiden ya. Angket ini kan hak anggota. Sejauh ini fraksi masih mempelajari, insya Allah setelah susunan fraksi ditetapkan kita akan menentukan sikap resmi kita soal angket," jelasnya saat ditemui seusai Rapat Perdana DPP PAN pimpinan Zulkifli Hasan di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Jumat malam, 27 Maret 2015.

Ia mengatakan, banyak poin yang dipelajari dan menjadi pertimbangan fraksi untuk menyetujui hak angket, misalnya apakah angket adalah satu-satunya jalan untuk "menegur" apa yang sementara menurut Golkar dan PPP telah salah dilakukan oleh Menkumham. Ia juga mengaku tengah mempelajari apakah benar keputusan Yasonna adalah keputusan yang kurang tepat.

Di luar itu, ia melanjutkan, masih banyak lagi hal-hal yang sedang dilihat secara mendalam sehingga pihaknya bisa sampai pada putusan apakah akan bersama-sama dengan KMP untuk mengajukan hak angket.

"Ya kita lihat nanti lah. Tapi paling tidak begini, kan dua anggota kita sudah ada di sini. Nah, sejatinya angket itu kan memang hak anggota. Jadi nggak ada masalah," tambahnya.

Saat ditanya apakah sudah pasti dirinya lah yang akan menjadi ketua fraksi, ia mengatakan untuk menunggu satu dua hari hingga keputusan resmi dibuat.

"Ya kita lihat satu dua hari ini. Tadi Ketua umum menyampaikan paling lambat Senin akan ada keputusan partai tentang siapa yang akan dimimta memimpin teman-teman yang ada di DPR RI. Kalau fraksi sudah terbentuk kita akan segera menentukan sikap," katanya.

![vivamore="Baca Juga :"]

Yasonna Laoly Rotasi 1.007 Pejabat Kemenkumham
[/vivamore]
Pertemuan Menkumham RI dengan Menteri Kehakiman Australia

Bertemu Menteri Australia, Yasonna Bahas Soal Terorisme

Menurut Yasonna, terorisme adalah masalah global.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016