Seluruh Anggota DPR Dapat Paspor Diplomatik

Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Ketua DPR RI Setya Novanto mengatakan, semua anggota legislatif akan mendapat fasilitas diplomatik. Menurut dia, fasilitas berupa paspor ini sebelumnya hanya dimiliki oleh pimpinan DPR.

Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

"Ini kabar gembira semua anggota DPR. Sekarang mendapat fasilitas pasor diplomatik yang sebelumnya hanya dimiliki pimpinan DPR. Nanti ada protokol yang mengatur keberangkatan anggota dewan," katanya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin, 23 Maret 2015.

Ia menjelaskan, paspor diplomatik ini dilengkapi dengan petugas protokoler dari Kementerian Luar Negeri yang akan mendampingi para anggota dewan saat melakukan kunjungan ke luar negeri. Pendampingan ini dilakukan dari awal keberangkatan hingga kembali.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

"Jadi dengan kartu anggota DPR, bisa nunggu di Garuda lounge, meskipun tiketnya ekonomi. Tiket makan gratis untuk dua orang," ujarnya menambahkan.

Fasilitas dan paspor diplomatik ini disiapkan hanya untuk anggota legislatif saja. Paspor ini tidak berlaku bagi anggota keluarga anggota legislatif.

Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR

Menurut Politisi Partai Golkar ini, paspor diplomatik sengaja diterbitkan bagi angota DPR, untuk memfasilitasi berbagai tugas diplomatik para anggota dewan. Alasannya, setiap keberangkatan ke luar negeri para anggota DPR membawa misi negara.

"DPR instrumen yang dapat mewujudkan dan mendukung misi pemerintah dalam melaksanakan politik luar negeri." 

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya