Anggota DPR RI Akan Miliki Paspor Diplomatik

Setya Novanto
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean
VIVA.co.id
Semua Anggota DPR Kantongi Paspor Diplomatik, Apa Perlu?
- Semua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia akan memiliki paspor diplomatik. Hal itu disampaikan Ketua DPR Setya Novanto dalam pidato Pembukaan Masa Sidang III Rapat Paripurna DPR, Senin, 23 Maret 2015, sebagaimana dikutip dari laman resmi DPR.

Paspor Diplomatik Bagi Seluruh Anggota DPR Dinilai Tak Perlu

"Terkait dengan peran diplomasi parlemen, perkenankan kami menyampaikan bahwa Pimpinan telah melakukan komunikasi intensif dengan Pemerintah, khususnya Kementerian Luar Negeri, mengenai rencana untuk menerbitkan paspor diplomatik bagi para anggota DPR guna memfasilitasi tugas dan misi diplomatik para anggota,” kata Novanto.
Hanafi Rais: Paspor Diplomatik DPR Dukung Kinerja Pemerintah


Menurut Novanto, tugas diplomasi negara saat ini tidak ringan. Butuh keterlibatan semua pihak yang terkoodinasi dengan baik. DPR, kata dia, memiliki peran instrumental dalam berdiplomasi untuk kepentingan politik luar negeri Indonesia.


"Kami ingin menegaskan di sini bahwa diplomasi parlemen cenderung semakin penting dalam memajukan kepentingan nasional," ujar Novanto.


Menurut politikus Partai Golkar itu, keterlibatan parlemen dalam diplomasi ini merupakan bagian dari amanat UU MD3 agar ikut aktif menjalankan politik luar negeri.


"Dalam beberapa hal, komunikasi politik anggota parlemen antarbangsa memiliki dampak positif dalam pengelolaan masalah hubungan internasional," kata Novanto. (ase)


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya