Reses Berakhir, DPR Langsung 'Panas' Hak Angket Yasona

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasona Laoly.
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu
VIVA.co.id
ARB: Dukung Pemerintah Bukan untuk Dapat Posisi
- Recana Fraksi Golkar yang akan menggalang hak angket atas kebijakan Menkumham, Yasona H Laoly diprediksi akan meramaikan rapat paripurna usai masa reses angota DPR RI. Lobi politik akan semakin gencar dilakukan termasuk upaya konsolidasi Koaliasi Merah Putih (KMP).

ARB: Tak Pernah Ada yang Bilang KMP Bubar

"Soal angket pasti yang paling ramai dibahas besok. Golkar kubu Aburizal Bakrie pasti akan gerilya ke partai-partai supaya angket didukung," kata Salang pengamat politik dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi), Sebastian Salang di kawasan Menteng, Jakarta, Sabtu 21 Maret 2015.

Ia menjelaskan lobi politik akan dilakukan karena upaya penggalanan hak angket ini tidaklah mudah. Sementara kekuatan partai di Koalisi Indonesia Hebat (KIH) tetap menjadi kekuatan politik yang harus diperhitungkan.

Soliditas KMP menjadi salah satu kunci untuk memenangkan upaya pengalangan hak angket. Selain itu ARB harus menjaga keutuhan fraksi Golkar di DPR untuk mengegolkan hak angket.

Isu lain yang akan meramaikan rapat paripurna pekan depan adalah proses uji kelayakan calon Kapolri. Agenda itu merupakan salah satu agenda utama Komisi III, yang akan meromendasikan pengesahan, Komjen Pol. Badrodin Haiti resmi menjadi Kapolri atau tidak.

Salang memprediksi meski ada polemik, Badrodin akan mulus menjalani proses di DPR RI.

"Fraksi di DPR RI ini kan oportunis semua. Mereka tidak berani lawan keinginan publik," katanya

PKB: Golkar Dukung Pemerintah, Oposisi Diminta Tak Lemah
![vivamore=" Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya