Jelang Pilkada Serentak, Demokrat Jatim Mulai Gerilya

Deklarasi Kampanye Damai Berintegritas di Monas
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Jelang pilkada serentak, akhir 2015, Partai Demokrat Jawa Timur mulai bergerilya, mendekati sejumlah partai politik. Tujuannya untuk berkoalisi mengusung bersama-sama pasangan calonnya maju pilkada di 19 kabupaten/kota di Jawa Timur.

Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan dan Kader (OKK) Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Jawa Timur, Hartoyo membenarkan partainya tengah melakukan penjajakan guna koalisi dengan berbagai partai politik untuk kepentingan pilkada serentak.

"Ketua DPD Partai Demokrat Jatim sudah mengintruksikan kepada semua DPC, melakukan pendekatan dengan sejumlah partai untuk koalisi mengusung calon untuk pilkada serentak di 19 kabupaten/kota," kata Hartoyo di Surabaya, Jumat, 13 Maret 2015.

Pelaksana Tugas Ketua DPC Partai Demokrat Kota Surabaya itu menyebut, Fraksi Partai Demokrat DPRD Kota Surabaya hanya memiliki enam kursi, sehingga untuk bisa mengusung calon dari Partai Demokrat Surabaya harus berkoalisi dengan partai lain.

"Ada dua calon dari internal yang layak diusung di Pilkada Kota Surabaya, Mahmud dan Ratih Retnowati, keduanya merupakan anggota DPRD Kota Surabaya," terang Ketua FPD DPRD Jawa Timur ini.

Selain Surabaya, lanjut Hartoyo, bakal calon yang serius hendak mencalonkan diri juga mulai melakukan komunikasi politik dengan sejumlah tokoh, juga ulama untuk penjajakan koalisi.

DPP Demokrat Lolos Verifikasi Faktual KPU

Misalnya, muncul nama Agung Mulyono yang juga anggota FPD DPRD Jatim dari daerah pemilihan III, Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso yang digadang-gadang maju di Pilkada Banyuwangi. Dia disebut sudah melakukan silaturahmi dengan sejumlah ulama, seperti KH Lukman Syah.

"Saya sengaja sowan ke beliau karena ingin mendapat masukan dan bimbingan jika nantinya maju di pilkada. Apalagi, KH Lukman Syah juga termasuk deklarator Partai Demokrat di Banyuwangi," ungkap Agung.

Komunikasi dengan parpol juga terus dia lakukan. Di antaranya bertemu Partai Gerindra dan PPP.

Sebelumnya saat ditanya soal pilkada, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mengaku belum memikirkan. Dia memastikan akan terus fokus ke pembangunan kabupaten di ujung timur Pulau Jawa tersebut.

"Saya masih fokus terus membangun Banyuwangi‎. Mengalir saja, lihat saja nanti," kata Azwar Anas saat di Surabaya.

Baca Juga:

Ilustrasi Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono saat rapimnas partai,

Demokrat Beberkan Alasan Pilih Koalisi Prabowo Ketimbang Jokowi

"Bagi kami koalisi ingin yang setara, sederajat.

img_title
VIVA.co.id
9 Juli 2018