Soal Dana Parpol, Pemerintah Sudah Bicara dengan Ketua DPR

Setya Novanto, calon ketua umum Partai Golkar.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Setya Novanto mengaku sudah 'disenggol' pemerintah terkait rencana menggunakan APBN untuk membiayai partai politik.

KPK: Kenaikan Dana Parpol Harus Dikaji Lagi

"Semua itu sudah. Antara DPR dan pemerintah sudah ada pembicaraan yang belum sampai pada formal," kata Novanto di gedung DPR, Jakarta, Selasa, 10 Maret 2015.

Menurut dia, pembicaraan antara dewan dengan pemerintah belum sampai pada angka. Angka Rp1 triliun baru wacana yang dilontarkan oleh pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo.

Berapa Angka Ideal Dana Parpol dari APBN?

Novanto yakin, wacana yang dilontarkan pemerintah itu sudah melalui kajian yang matang. Menurut dia, DPR siap untuk membahas masalah ini. "Tentu DPR memperhatikan sekali, semua parpol sangat membutuhkan dana operasional," ujarnya menambahkan.

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, parpol juga banyak agenda pembangunan di daerah. Bila benar nanti ada dana itu, maka bisa dimanfaatkan. Dia yakin, usulan ini akan mulus untuk mendapatkan persetujuan DPR mengingat 560 anggota merupakan perwakilan parpol yang ikut Pemilu. "Tentu dalam besar dan kecilnya akan menjadikan suatu hal yang menjadi hitungan dan evaluasi pemerintah."

Peneliti: Anggaran Negara untuk Parpol Tergolong Rendah
![vivamore=" Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya