Adnan Buyung Sarankan Pembentukan Badan Pengawas KPK

Adnan Buyung Nasution sebut SBY presiden gagal
Sumber :

VIVA.co.id - Advokat senior, Adnan Buyung Nasution menilai perlu dibentuk badan pengawas terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi. Hal tersebut dibutuhkan agar KPK tidak sewenang-wenang dalam menjalankan tugasnya. Salah satunya, menurut Adnan, adalah menjaga KPK agar tidak sewenang-wenang dalam menetapkan seseorang menjadi tersangka.

"Menurut saya, terobosannya harus ada badan pengawas. Badan pengawas yang setiap hari ada di sini. Setiap hari ikut menilai apakah benar penetapan tersangka sudah cukup bukti. Jangan tergantung pimpinan saja dan para penyidik. Perlu badan pengawas yang berintegritas," kata Adnan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat 6 Maret 2015.

Adnan berpendapat KPK tidak independen saat menetapkan Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka. Lantaran Budi ditetapkan sebagai tersangka tak lama setelah dia diumumkan sebagai calon kapolri.

KPK Periksa Keponakan Surya Paloh

Selain itu, ujar Adnan, Budi ditetapkan sebagai tersangka tanpa diminta keterangan terlebih dulu. Menurut dia, seorang warga negara tidak bisa ditetapkan sebagai tersangka tanpa diperiksa terlebih dulu.

"Paling tidak, saya katakan KPK ke depan tidak terlalu tergopoh-gopoh, tergesa-gesa menetapkan tersangka tanpa melalui proses hukum yang akurat," ujar Adnan. (one)

Baca Juga:

KPK Setor Uang ke Kas Negara Rp1,1 Miliar dari Eks Pejabat Muara Enim
Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024