KPU Diminta Tendang Perusahaan Bermasalah

VIVAnews - Badan Pengawas Pemilu meminta Komisi Pemilihan Umum mengevaluasi proses pengadaan logistik pemilu legislatif. Sebab, proses pengadaannya dinilai banyak masalah.

"Mulai dari dari proses pelelangan, produksi, pengiriman, dan distribusi," kata anggota Bawaslu,  Agustiani Tio, di kantor Bawaslu, Jalan Thamrin, Jakarta,  Kamis 21 Mei 2009.

Evaluasi itu dinilai penting untuk menjawab persoalan logistik ketika pemilihan legislatif lalu. "Hasil evaluasi itu harus dibuka ke publik. itu hak publik untuk tahu," kata Tio.

Dia mencontohkan proses validasi surat suara pemilihan legislatif lalu molor. Akibatnya, proses produksi tertunda. pengawasn produksi dinilai kurang maksimal. "Implikasinya distribusi kacau, surat suara tertukar di banyak daerah pemilihan," ujarnya.

Sebagaimana diketahui, saat ini komisi pemilihan sedang melaksanakan pengadaan logistik pemilihan presiden. Logistik yang diadakan, surat suara, segel dan tinta. KPUD mengadakan kotak suara, bilik, dan formulir. kini, proses pengadaan itu memasuki masa pelelangan.

Menurut Tio, pihaknya menemukan banyak calon rekanan penyedia logistik pemilihan presiden yang dulu juga penyedia logistik pemilihan legislatif. Sebab itu, dia meminta komisi tidak memilih perusahaan yang ditengarai bermasalah saat melaksanakan pengadaan logistik pemilihan legislatif.

"Agar tidak terjadi keterlambatan logistik pemilu. KPU diminta untuk tidak menyertakan kembali perusahaan bermasalah tersebut dalam pengadaan logistik pada pemilu presiden mendatang," katanya.

Desakan itu tidak hanya disampaikan badan pengawas semanta. Wasit pemilu itu menggandeng beberapa lembaga swadaya masyarakat yang tergabung dalam Independent monitoring Organization. LSM yang tergabung dalam IMO itu antara lain, Komite Independen Pemantau Pemilu, Indonesia Budget Center, dan Indonesian Procurement Center.


Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024
Live World Boxing di tvOne, Minggu, 31 Maret 2024, Jam 09.00 WIB

Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne

tvOne akan kembali menayangkan Live Wolrd Boxing akhir pekan ini hari Minggu, 31 Maret 2024 pukul 09.00 WIB LIVE dari T-Mobile Arena Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024