Nasdem: Pelimpahan Kasus BG ke Kejaksaan Sudah Tepat

Ketua Umum Partai Nasdem Patrice Rio Capella
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Pelimpahan kasus Komisaris Jenderal Budi Gunawan ke Kejaksaan, yang sebelumnya ditangani KPK, adalah jalan keluar yang tepat.

Begitu dikatakan anggota Komisi III DPR Fraksi Partai Nasional Demokrat, Patrice Rio Capela, Selasa 3 Maret 2015.

Menurut Rio, kasus Budi Gunawan harus tetap dilanjutkan. Sehingga, perlu Kejaksaan Agung untuk mencari bukti-bukti lain pasca praperadilan dimenangkan Komjen Budi.

"Ini adalah jalan keluar agar kasus BG tetap bisa berjalan, karena KPK dikalahkan dalam proses praperadilan yang diajukan BG," kata Rio.

Nantinya, setelah alat bukti di KPK ditolak pengadilan, maka Kejaksaan yang akan melakukan verifikasi. Termasuk, lanjut Rio, apakah alat bukti itu memang benar-benar kuat atau lemah

"Tentu kita berharap agar Kejaksaan melakukan proses penyidikan yang sebenar-benarnya. Termasuk menguji alat bukti yang dimiliki KPK, apakah benar atau tidak," kata Sekjen DPP Nasdem ini.

Dia tidak sepaham dengan anggapan, bahwa pelimpahan ini sebagai upaya nyata pelemahan KPK.

"Saya rasa bukan itu maksudnya, karena masalahnya proses praperadilan Budi Gunawan itu mengurai semua apa yang ditersangkakan padanya. Oleh karena itu sebagai jalan keluaar adalah disidik oleh kejaksaan," jelasnya.

Setelah pelimpahan ini, lanjut Rio, tugas Kejaksaan yang akan membuktikan apakah benar Komjen Budi Gunawan ini bersalah. Kejaksaan juga harus mendapatkan alat bukti yang kuat untuk menjerat Budi Gunawan.

"Karena kalau pakai alat bukti KPK yang kemarin sudah dipatahkan dalam putusan hakim Sarpin Rizaldi (hakim tunggap praperadilan)," kata Patrice. (ase)

Komjen Budi Gunawan Bagi-bagi Bingkisan di Car Free Night


Baca juga:

Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun


Soal BG, PDIP Bantah Mega Maki-maki Jokowi

Budi Waseso Mengaku Jadi 'Anak Emas' Budi Gunawan

"Saya tuh dua kali di bawah kepemimpinan beliau,"

img_title
VIVA.co.id
1 Februari 2016