Soetrisno Bachir Jabat Ketua MPP PAN

Mantan Ketum PAN Sutrisno Bachir (kanan) dan calon Ketum PAN Zulkifli Hassan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Regina Safri

VIVA.co.id - Partai Amanat Nasional (PAN) akhirnya menetapkan Soetrisno Bachir secara aklamasi sebagai Ketua Majelis (MPP) PAN periode 2015-2020 dalam sidang Kongres IV PAN di The Westin Hotel, Nusa Dua, Bali, Senin 2 Maret 2015.

Sebelum diputuskan secara formal oleh pimpinan sidang, Soetrisno Bachir menyampaikan secara terbuka kepada peserta kongres berkaitan dengan kesediaannya menjabat sebagai Ketua MPP menggantikan Amien Rais.

Dikonfirmasi seusai sidang tersebut, Soetrisno Bachir mengatakan, momentum ini merupakan wujud dari ekspresi PAN sendiri. Harus diakui bahwa MPP ke depan tidak mempunyai figur karismatik seperti Amien Rais. Untuk itu, MPP harus bekerja lebih keras secara kolektif dan kolegial.

"Saya akan mengajak kawan-kawan yang lebih senior untuk masuk dalam MPP, sehingga MPP dapat berjalan dengan semangat kolektif kolegial," kata Soetrisno Bachir.

Jika sebelumnya pandangan Amien Rais mempuyai pengaruh kuat dalam keputusan partai, saat ini hal itu sudah tidak lagi. Sebagai Ketua MPP Soetrisno Bachir mengakui bukan sosok kharismatik di mata kader PAN.

"Saya dan kawan-kawan lainnya harus bekerja ekstra keras karena tidak memiliki sosok karismatis seperti Pak Amien," katanya.

MPP, sambung dia, ke depannya akan bekerja secara kolektif kolegial dengan memberikan pertimbangan bagi kepengurusan Zulkifli Hasan lima tahun ke depan. Selama kepimpinan Zulkifli Hasan MPP berupaya semaksimal mungkin memberikan pertimbangan konstruktif atas segala kebijakan strategis yang akan diambil partai.

Zulkifli Hasan Bantah Kadernya Mundur

![vivamore="Baca Juga :"]

Ketua Fraksi PAN: Saya Belum Dengar Taufik Kurniawan Mundur
[/vivamore]
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, beberapa waktu lalu.

Akhirnya, Jokowi Beri Jatah PAN di Pemerintahan

Pejabat baru itu akan dilantik besok di Istana Negara.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2016