Kongres PAN di Bali Ricuh, Satu Peserta Luka

Pembukaan Kongres IV PAN
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVA.co.id - Kongres PAN ke-IV yang digelar di Hotel Westin Nusa Dua, Bali, kian memanas. Sempat terjadi kericuhan saat peserta baku hantam dengan panitia. Seorang peserta atas nama Kaban Jahe, kader PAN dari Sumatera Utara mengalami luka di bagian kepala.

"Ya kronologisnya sahut-menyahut. Satu pihak tidak terima, satu lagi terima. Jadi ya sebetulnya begitu intinya. Semacam kesimpangsiuran soal status dari peserta beberapa provinsi. Itu menyebabkan suasana panas," kata Ketua DPP PAN, Bara Hasibuan di Westin Hotel, Nusa Dua, Bali, Minggu, 1 Maret 2015.

Kericuhan tersebut terjadi saat sidang pleno pembahasan tata tertib (tatib) kongres. Selanjutnya kongres akan dilanjutkan dengan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) DPP PAN periode 2010-2015.

"Kita belum masuk dalam substansi. Sebelum memasuki pembahasan soal tatib. Ada beberapa peserta kemudian mengangkat soal status kepesertaan. Itu yang membuat suasana agak panas," ujarnya.

Meningkatnya suhu kongres sidang pleno pertama itu membuat kongres diskors sementara. Steering committe sekarang sedang rapat mencari solusi.

"Jadi kita lihat peserta diminta keluar, nanti masuk lagi masing-masing, kan sebenarnya semua sudah ada di sini, punya id barcode-nya ini berarti sah. Statusnya adalah peserta kongres," jelasnya.

Sementara itu, Kaban Jahe yang mengalami luka di kepala langsung ditangani petugas medis untuk mendapat pengobatan.

Zulkifli Hasan Bantah Kadernya Mundur

Baca juga:

Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, beberapa waktu lalu.

Akhirnya, Jokowi Beri Jatah PAN di Pemerintahan

Pejabat baru itu akan dilantik besok di Istana Negara.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2016