Dukung Hatta Rajasa, Papua Gunakan Sistem Noken

HUT PAN ke 15
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Ketua Dewan Pimpinan PAN Wilayah Papua, Abock Busup, menegaskan sikap DPW Papua di bawah pimpinanya tetap akan mendukung Hatta Rajasa secara penuh. Serangan Ketua Majelis Pertimbangan Partai, Amien Rais, tidak memengaruhi suara mereka.

"Kalau pengurus, pendiri bicara seperti itu. Itu seperti anak-anak. DPW sudah tentukan pilihannya. Kami sarankan Pak Amien netral saja. Untuk tidak memengaruhi pendukung kami," kata Abock di Westin Hotel, Nusa Dua, Bali, Minggu, 1 Maret 2015.

Ia meminta Amien netral dengan berdiri sama rata bukan berpihak pada salah satu kandidat. Abock bahkan menduga pidato Amien itu menunjukkan ketidaksiapan kubu Zulkifli Hasan dalam pemilihan Ketua Umum di Kongres IV PAN.

Hingga saat ini, dia memastikan bahwa suara Papua bulat untuk memilih Hatta. Mereka mempunyai 31 suara dari total 592 suara yang akan diperebutkan dalam pemilihan ketua umum PAN periode 2015-2020. Saat memilih Hatta nanti, mereka akan menggunakan sistem noken.

"Keputusan diserahkan pada kepala suku. Saya kepala suku bisa menentukan di noken. 31 suara bulat untuk Pak Hatta, suara adat mempercayakan ketua adat menyerahkan secara noken, pakai sistem dan itu diakui di Undang-Undang," cetusnya.

Seperti diketahui, Papua mempunyai keunikan secara kultur masyarakat dalam suatu pemilu dengan menggunakan sistem noken. Keputusan pemilihan dipercayakan kepada kepala suku berdasarkan hasil pertemuan adat.

Zulkifli Hasan Bantah Kadernya Mundur

Baca Juga:

Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, beberapa waktu lalu.

Akhirnya, Jokowi Beri Jatah PAN di Pemerintahan

Pejabat baru itu akan dilantik besok di Istana Negara.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2016