Tren Suara Zulkifli Hasan Meningkat

Seminar Kewirausahaan bersama Hatta Rajasa
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Usai Kongres, Pendukung Zulkifli Hasan Terlantar di Bali?
- Politik uang selalu menjadi isu sentral dalam setiap perhelatan besar partai politik seperti kongres dan munas. Kongres ke-IV PAN di Bali, juga tidak lepas dari isu ini.

Soetrisno Bachir Sebut Amien Rais Sebagai Imam Besar

Pengamat politik dari Universitas Paramadina, Abdul Rohim Ghazali, dalam pemaparan hasil survei Pusat Data Bersatu (PDB) mengatakan, peluang Zulkifli Hasan menang sangat besar.
Amien Balas Curhat Hatta: Semua Tahu Siapa yang Berbohong


Karena, trend peningkatan suara Zulkifli yang terus meningkat. Namun, dia mengingatkan trend suara itu bisa dikalahkan oleh faktor lain yakni
money politic.


"Faktor x kalau ada politik uang. Bagaimana uang ini bisa mengalihkan dukungan," kata Rohim, di Jakarta, Jumat 27 Februari 2015.


Menyikapi itu, Ketua OC Kongres ke-IV PAN, Jon Erizal, menjamin tidak akan ada politik uang di kongres. Amien Rais sebagai tokoh sentral mengingatkan, bertarung dalam iklim demokrasi di internal partai sangat perlu.


"Sejauh ini saya tidak melihat adanya politik uang. Karena, salah satu persyaratan dari Pak Amien Rais, tidak boleh ada politik uang, dan tidak boleh saling menjelekan," katanya.


Bendahara Umum DPP PAN ini mengatakan, kalau pendekatan persolan sudah biasa. Atau sekedar membiayai datang ke kongres adalah suatu yang wajar agar agenda ini berjalan dengan baik. Dia menjamin, tidak ada praktik politik uang di Kongres PAN.


"Harapan kita seperti itu. Supaya pemimpin yang terlahir harapan semua kader-kader," katanya.


PAN Partai Modern

Jelang Kongres, masing-masing kandidat mulai menonjolkan kelebihan masing-masing. Direktur Eksekutif Developing Countries Studies Center (DCSC), Zaenal A Budiyono mengatakan, saat ini peluang Hatta untuk menang lebih besar daripada Zulkifli.


"Saya yakin, dukungan terhadap Hatta bakal terus membesar. Karena, sosoknya. Hatta dipandang sebagai pemimpin yang piawai dan mumpuni. Berhasil mendorong PAN menjadi parpol modern. Saya kira, Hatta lebih unggul dibanding Zulkifli Hasan," kata Zaenal, Jumat 27 Februari 2015.


Hatta yang mengusung revitalisasi sistem kepartaian menuju PAN yang moderen, menurut dia akan mendapat perhatian lebih dari voters yakni DPW dan DPD. Partai modern, adalah partai yang terbuka bagi pihak manapun. Kata dia, faktor ini yang akan menarik banyak dukungan.

 

"Saat ini, pengurus PAN begitu beragam latar belakangnya. Baik suku, agama maupun basis kulturnya," katanya.


PAN yang lebih modern, terlihat di periode Hatta. Suara PAN tidak lagi hanya mengidentikkan dirinya dari Muhammadiyah. Walau, basis utama memang dari ormas Muhammadiyah.


"Banyak aktivis NU yang bergabung. Saya kira, PAN sudah mulai bergeser ke tengah. Alhasil, perolehan suara PAN di pemilu kemarin, naik 53 persen menjadi 9,5 juta. Di banding pemilu 2009, PAN hanya mendapat 6,1 juta suara. Jadi, Hatta memang sukses," katanya.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya