Mengapa Tjatur Sapto Edy Berbalik Dukung Hatta Rajasa

HUT PAN ke 15
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional di DPR, Tjatur Sapto Edy, mengatakan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa tidak pernah marah atau membenci orang yang tidak mendukungnya dalam politik. Sikap ini harus dimiliki Ketua Umum PAN ke depan sehingga bisa membawa partai lebih maju.

"Sejak beberapa bulan lalu, sudah bisa terlihat siapa pimpinan komisi di DPR yang tidak mendukung Pak Hatta maju kembali sebagai ketua umum, tapi Pak Hatta tidak marah tuh," kata Tjatur di Jakarta, Rabu 25 Februari 2015.

Menurut Tjatur, Hatta tidak pernah memaksa kader PAN di daerah untuk memilihnya dalam Kongres IV PAN di Bali akhir pekan ini. Para kader mempunyai kedekatan dengan sosok Hatta sehingga akan memilihnya kembali.

"Sikap kenegarawanan itu patut menjadi panutan di dunia politik. Saya banyak belajar dari Pak Hatta atas sikap kenegarawanannya itu," ujarnya.

Tjatur memberikan contoh. Dalam Kongres PAN sebelumnya di Batam, dia tidak mendukung Hatta menjadi ketua umum, namun setelah Hatta terpilih, kini Tjatur justru diberikan mandat sebagai Ketua Fraksi PAN di DPR.

Begitu juga Teguh Juwarno yang tidak mendukung Hatta sebagai ketua umum kala itu, namun sekarang menjabat Sekretaris Fraksi PAN di DPR.

"Sekarang saya tanya, apakah pernah ada 'statement' Pak Hatta yang melukai hati orang? Tidak ada kan," cetusnya.

Zulkifli Hasan Bantah Kadernya Mundur

Rencananya, PAN akan menggelar kongres di Bali pada 28 Februari sampai dengan 2 Maret 2015. Zulkifli Hasan akan menantang Hatta Rajasa dalam memperebutkan kursi ketua umum.

Baca juga:

Ketua Fraksi PAN: Saya Belum Dengar Taufik Kurniawan Mundur
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, beberapa waktu lalu.

Akhirnya, Jokowi Beri Jatah PAN di Pemerintahan

Pejabat baru itu akan dilantik besok di Istana Negara.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2016