Tujuh Pilkada Serentak di Sulawesi Utara Digelar Desember

Petugas sedang berjalan di depan Gedung KPU Pusat
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id - 
Mendagri Tolak Jadi Ketua Pansel KPU
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara, Yessy Momongan, menyampaikan sedikitnya 6 kabupaten/kota menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) bersamaan dengan Pemilihan Gubernur Sulawesi Utara. Pilkada serentak ini dilaksanakan pada bulan Desember. 

Ketua KPU: Ahok Siap-siap Kena Sanksi Bawaslu
"Soal tanggal pasti kita masih akan membahasnya. Yang pasti bulan Desember," kata Yessy di Manado, Sabtu, 21 Februari 2015.

Pencalonan Pilkada Segera Dimulai, 5 PKPU Belum Disahkan
Ia menjelaskan mekanisme pemilihan tidak berubah yakni memilih secara paket gubernur/wakil gubernur, walikota/wakil walikota dan bupati/wakil bupati. "Partai mengusung calon, gabungan partai dan perseorangan. Untuk enam kabupaten/kota yang menggelar pilkada serentak dengan pilgub adalah Minahasa Selatan, Minahasa Utara, Bolaang Mongondow Selatan, Bolaang Mongondow Timur, Manado, Tomohon, dan Bitung," ujar anggota KPU Minahasa itu.

Wanita enerjik ini menambahkan, anggaran yang sudah diketuk DPRD Sulut mencapai Rp75 M. Ketua PDIP Sulut, Olly Dondokambey mengatakan jika pelaksanaan pilkada serentak digelar Desember, PDIP sudah siap meraih kemenangan.

"Konsolidasi sudah dilakukan jauh-jauh hari. Ingat dari 15 kabupaten/kota di Sulawesi Utara, PDIP itu hampir menguasai setengahnya," ujar Bendahara DPP PDIP ini. 

Soal calon, lanjut anggota DPR RI ini, DPP PDIP dalam menugaskan seseorang menjadi calon di pilkada melalui proses yang panjang. "Tidak asal-asalan dalam menetapkan orang. Karena gubernur, walikota atau bupati nantinya jadi petugas partai. Nah, itu yang harus diproses dengan waktu yang panjang," tuturnya. (one)

Laporan Kontributor: Agustinus Hari/Manado

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya