Anggaran Negara Bercita Rasa Jokowi Disahkan Hari Ini

Lawatan presiden Jokowi ke Malaysia
Sumber :
  • REUTERS/Olivia Harris
VIVA.co.id -
Anggaran Banjir Minim, Belum Semua Sungai Dibenahi
Bila tak ada aral melintang, anggaran pemerintah yang telah bercita rasa Presiden Jokowi akan disahkan hari ini, Jumat 13 Februari 2015. Sidang paripurna Dewan Perwakilan Rakyat sudah dijadwalkan.

Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat

Sidang paripurna dijadwalkan mulai pukul 10.00 WIB. Agendanya, pengambilan keputusan terhadap Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN-P) Tahun Anggaran 2015.
Jokowi: Indonesia Bangga Raih Perak Pertama


Pembahasan RAPBN-P antara pemerintah dan DPR dimulai pada 12 Januari lalu ditandai penyerahan draftnya dari pemerintah yang diwakili Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro kepada DPR.


Diantara yang menonjol dalam APBNP tersebut adalah kenaikan signifikan pada belanja infrastruktur serta pemangkasan subsidi energi. Anggaran subsidi energi dipangkas dari APBN 2015 (disahkan era Presiden SBY) sebesar Rp414,680 triliun menjadi tinggal Rp232,716 triliun.


Isu yang tak kalah panas adalah usulan pemerintah untuk menyuntik Rp72,9 triliun kepada 42 Badan Usaha Milik Negara.


Pembahasan secara detail telah dilakukan kementerian dan lembaga terkait dengan mitra kerjanya masing-masing kemudian diharmonisasi di Badan Anggaran DPR.


Nah, dalam sidang paripurna itulah kita akan menyimak bagaimana hasil kerja DPR dan Pemerintah secara menyeluruh dalam membahas anggaran. (ren)


Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya