Isu Reshuffle Kabinet Jokowi Mencuat, Apa Kata KMP?

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • REUTERS/Olivia Harris

VIVA.co.id - Koalisi Merah Putih (KMP), tidak akan ikut campur dalam kegaduhan di internal pemerintah, menyangkut reshuffle kabinet.

"Satu itu (Reshuffle) kabinet bukan domain kami, kami tidak dalam pemerintahan. Reshuffle seratus persen wewenang pemerintahan Jokowi-JK," kata Jubir KMP, Tantowi Yahya, di gedung DPR, Jakarta, Kamis 12 Februari 2015.

Peran KMP sebagai partai oposisi, kata Ketua DPP Golkar ini, adalah mengawasi segala kebijakan pemerintah.

Persoalan menyangkut menteri apakah di-reshuffle atau tidak, Tantowi mengatakan, KMP menyerahkan sepenuhnya pada pemerintah. "Sebagaimana tugas pokok dan fungsi kami, kami memonitor saja, menyetujui programnya jika bagus, dan kritiisi jika melenceng," kata Wakil Ketua Komisi I DPR ini.

Sebelumnya, isu reshuffle sejumlah menteri Kabinet Kerja mulai ramai diperbincangkan. PDI Perjuangan, sebagai partai utama pengusung pasangan Jokowi-Jusuf Kalla, menilai isu itu memang menarik.

"Reshuffle ide menarik dibicarakan, tapi terlalu berisiko untuk dilakukan dengan tergesa-gesa," kata politikus PDIP, Hendrawan Supratikno.

Nama-nama yang sering disinggung agar segera diganti di antaranya, Menteri BUMN Rini Soemarno dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto. Bahkan, Ketua DPP PDIP Effendi Simbolon sendiri yang menilai keduanya layak dicopot.

Baca juga:

Jokowi Minta Kemudahan Berusaha Naik, Ini Langkah BKPM
Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Thomas Trikasih Lembong.

WTO Puji Reformasi Ekonomi Indonesia

"Banyak negara di seluruh dunia sekarang melihat Indonesia."

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016