Komisi IX Minta Kemenaker Buat Roadmap TKI

Ratusan TKI Ilegal yang Dipulangkan dari Malaysia Tiba di Surabaya
Sumber :
  • Mohammad Zumrotul Abidin/Surabaya

VIVA.co.id - Anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati meminta agar Kementerian Tenaga Kerja segera membuat roadmap terkait rencana pengiriman Tenaga Kerja Indonesia formal ke luar negeri.

“Saya selalu meminta kepada pihak Kemenaker sejak periode Menteri Muhaimin Iskandar untuk membuat roadmap terkait rencana negara hanya akan mengirim TKI formal ke luar negeri pada 2017. Namun, sampai sekarang roadmap tersebut tidak pernah saya lihat. Dan kembali saya meminta kepada Menaker Hanif Dhakiri,” katanya, di Jakarta, Senin 9 Februari 2015.

Ketika diminta tanggapannya terkait dengan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Malaysia untuk penanganan TKI di negeri jiran itu, Okky mengatakan bahwa dia tidak yakin dengan kehadiran Presiden Jokowi ke Malaysia akan serta merta memperbaiki masalah TKI di Malaysia.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Karena memang keberpihakan dari negara untuk melakukan rekrutmen, pengawasan keberangkatan dari pihak imigrasi serta pengawasan di negara penempatan khususnya Malaysia, tidak ada keberpihakan yang kuat dari negara.

Okky menjelaskan, jika pemerintah memiliki keberpihakan kepada kesejahteraan dan perlindungan TKI, masalah-masalah yang menyedihkan atau merendahkan martabat bangsa tidak akan terjadi. Situasi ini jauh berbeda dengan tenaga informal yang dikirim dari Filipina, di mana sistem rekrutmen, pelatihan, pengiriman, dan pengawasan di negara penempatan sangat intens.

“Negara hadir di situ. Jadi, masalah TKI informal kita bisa atasi dari dalam negeri sendiri,” ujarnya.

Program moratorium TKI serta pembentukan Satgas Pengawasan TKI yang terdiri atas dua negara, Indonesia dan Malaysia sejak pemerintahan sebelumnya era Menteri Muhaimin Iskandar ternyata tidak serta-merta bisa menghentikan tindakan-tindakan yang melecehkan anak bangsa. Langkah tersebut tidak seketika akan menyelesaikan masalah.

“Setelah lawatan Presiden Jokowi ke Malaysia, kalau tidak ada tindak lanjut berupa terobosan akan perlindungan dan rekrutmen CTKI, maka kunjungan tersebut tidak akan memberikan manfaat bagi nasib CTKI/TKI,” kata politisi Fraksi PPP dari Dapil DKI Jakarta II dan Jaksel serta luar negeri ini.

Okky melanjutkan, Menteri Hanif yang juga menyertai Presiden Jokowi ke Malaysia harus segera merespons dengan terobosan yang baru, bukan businesss as usual. Dan segera membuat serta melakukan roadmap untuk pengiriman tenaga-tenaga yang skilled full atau formal.

Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR

Kalau hal itu tidak dilakukan, tidak akan terjadi perbaikan bagi sistem ketenagakerjaan, khususnya TKI di luar negeri.

Anggota Komisi VII DPR RI Aryo Djojohadikusumo

Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

Demi mencapai kedaulatan energi.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016