Anies Harap Komisi X DPR Masukkan KIP ke APBN-P 2015

Raker Komisi X DPR RI dengan Kemendikbud
Sumber :
VIVA.co.id
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina
- Komisi X DPR RI hari ini mengadakan Rapat Kerja dengan Kemendikbud, di Senayan. Mereka membicarakan program Kemendikbud periode 2014-2019.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Salah satu program yang dibahas adalah Kartu Indonesia Pintar (KIP). Anies Baswedan, selaku Mendikbud, membandingjan KIP dan BSM. Menurutnya, BSM hanya menjangkau warga miskin yang sudah berstatus siswa karena data yang dipakai berasal dari sekolah. Sedangkan KIP, yang memakai data sensus wilayah menjangkau seluruh warga Indonesia.
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR


Mendikbud juga menjabarkan laporan rancangan anggaran KIP. Anies berharap DPR membantu agar anggaran KIP bisa masuk APBN-P 2015.


Selanjutnya, Rapat Kerja yang dipimpin oleh Ketua Komisi X, Teuku Riefky Harsya, membahas permasalahan Ujian Nasional. Kemendikbud mengusulkan perubahan terhadap sistem Ujian Nasional.


Ujian Nasional, menurut Anies, terlalu tinggi "tekanan politik-"nya. Tekanan ini disebabkan oleh digabungnya ujian evaluasi mutu pendidikan dan ujian kelulusan sekolah. Akibatnya, banyak kecurangan yang terjadi, data mutu prndidikan pun menjadi tak akurat. Solusinya, Ujian kelulusan harus dipisah dengan pengukuran mutu pendidikan. Sedangkan untuk mengurangi tekanan, siswa yang kurang bisa mengulang ujian. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya