DPR Tagih Janji Jokowi Soal Pertumbuhan Ekonomi

Rapat Komisi XI DPR RI
Sumber :
VIVA.co.id
WTO Puji Reformasi Ekonomi Indonesia
- Jelang 100 hari pemerintahan Presiden Joko Widodo, sejumlah kalangan mengingatkan kembali janji-janji kampanyenya agar ditepati.

Jokowi Minta Kemudahan Berusaha Naik, Ini Langkah BKPM

Wakil Ketua Komisi XI DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Marwan Cik Asan, Senin 26 Januari 2015, mendesak Presiden Jokowi memenuhi janji. Salah satu janjinya, yakni pertumbuhan ekonomi dapat mencapai dua digit, atau setidaknya 7-8 persen per tahun.
Jokowi Ingin Kemudahan Berusaha RI Naik ke Peringkat 40


"Kita harapkan, capain tersebut dapat dipenuhi oleh Presiden Jokowi, sesuai janjinya. Momen yang tepat, perjalanan 100 hari kinerja Presiden Jokowi-JK bisa terealisasikan dengan baik, salah satunya meningkatkan pertumbuhan ekonomi," kata Marwan.


Menurut politisi asal Lampung ini, dalam asumsi makro yang diusulkan di Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan hanya 5,8 persen. Sebaliknya, dalam pembahasan dengan Komisi XI diusulkan lebih rendah pada kisaran 5,6 persen.


"Ini tentu, harus dijelaskan ke rakyat Indonesia, yang memiliki ekspektasi pertumbuhan tinggi saat memilih Jokowi-JK. Karena, pertumbuhan ini akan berpengaruh pada lapangan kerja, kemiskinan, dan lain-lain," kata Marwan.


Di samping itu, Marwan berharap, pemerintah dapat melanjutkan  program yang dapat menstimulus pertumbuhan ekonomi, seperti program Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang sudah berhasil mengerakan 12 juta Usaha Mikro Kecil Menengah, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), bantuan pupuk, dan bantuan bibit.


"Bilamana ini tetap dijalankan, saya yakin akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Jadi, baik dan tepat, jika pemerintah melanjutkannya," ujar Marwan. (asp)



Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya