Ganjar-PDIP Dukung Ide Pimpinan KPK Diberi Hak Imunitas

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Arif

VIVA.co.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendukung ide pemberian hak imunitas terhadap pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. Politisi PDI Perjuangan itu menilai, imunitas bagi pimpinan KPK diperlukan untuk menghindari kriminalisasi.

Namun demikian, Ganjar tak sepakat bila pemberian hak itu menggunakan Peratuaran Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang khusus tentang imunitas pimpinan KPK. Dia menggarisbawahi, Presiden memang harus mengeluarkan Perppu tentang KPK karena ada kegentingan yang memaksa.

"Yang dibutuhkan bukan Perppu imunitas, tapi Perppu saja. Nah di dalamnya ada apa saja, silakan dibicarakan," katanya di Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Senin 26 Januari 2015.

Menurut Ganjar, Perppu terkait KPK sebenarnya sudah perlu dikeluarkan setelah pimpinan KPK Busyro Muqaddas berakhir masa jabatannya akhir tahun lalu. Ditambah lagi, mundurnya Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto pasca ditetapkan tersangka oleh Mabes Polri.

Ketidaklengkapan pimpinan KPK yang terjadi saat ini, menurut mantan Wakil Ketua Komisi II DPR itu akan sangat berpotensi menjadi celah kontroversi.
Seperti halnya anggapan ketidaklengkapan pimpinan KPK menjadikan keputusan tidak sah. Serta kontroversi yang bertentangan.

"Artinya kan ada kontroversi. Nah jangan sampai pemberantasan korupsi nanti dipersoalkan pada hal-hal begini," kata dia.

Keluar dari masalah mundurnya pimpinan KPK, jelas Ganjar, kinerja KPK akan tetap terganggu jika sejumlah petinggi KPK yang masih dalam persoalan hukum. Sehingga, harus ada sistem baku yang tepat agar berbagai persoalan yang ada di tubuh KPK tidak mengganggu kinerja pemberantasan korupsi.

"Kekhawatiran saya, jika ada yang jadi tersangka di KPK semua mundur. Pak BW katanya akan mundur, pak Adnan Pandu dilaporkan. Maka kerja KPK justru semakin terhambat," ujar dia.

Baca juga:

Jokowi Naksir Johan Budi Sejak Lama

?

KPK-Polri, Kabareskrim: 'Sesama Bus Kota Tidak Mendahului'
Gedung KPK di Jakarta

Perwira Menengah Polda se-Indonesia Datangi KPK

Mereka dipimpin langsung Kepala Divisi Hukum Mabes Polri.

img_title
VIVA.co.id
25 Februari 2016