Pratikno: Wajar Jokowi Pilih Orang Dekat Jadi Wantimpres

Jokowi bersama Anggota Wantimpres Sidharto Danusubroto
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id - Menteri Sekretaris Negara Pratikno menganggap wajar terhadap keputusan Presiden Joko Widodo melantik Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) yang didominasi oleh utusan Partai Politik.

"Sangat wajar bila Presiden memilih orang-orang yang organisasinya dekat dengan beliau. Beliau butuh pemikiran yang sama dengan mereka," kata Pratikno usai meninjau Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Selasa 20 Januari 2015.

Presiden, lanjutnya, secara prinsip sangat terbuka dengan semua usulan. Terhadap siapapun calon, baik itu dari parpol maupun bukan dilakukan secara selektif dan penuh pertimbangan.

Sebagai dewan pertimbangan, kata Pratikno, tentu Wantimpres sangat berperan besar untuk memberikan masukan dan arahan bagi Presiden saat akan mengambil keputusan. Keseragaman pikir dan kapabilitas yang mumpuni menjadi dasar penting untuk menentukan Wantimpres.

"Presiden tidak menutup kemungkinan juga melibatkan organisasi lain. Yang pasti, beliau sangat terbuka. Ia memberikan jalan lain juga kepada organisasi lain," kata Pratikno.

Presiden Joko Widodo telah melantik sembilan orang Wantimpres, Senin 19 Januari 2015. Mereka yang dilantik yakni, Subagyo HS (Partai Hanura), Suharso Monoarfa (PPP versi kubu M Romahurmuzy), Rusdi Kirana (PKB), Sidarto Danusubroto (PDIP), dan Sri Adiningsih (PDIP).

Selanjutnya, Malik Fajar (Muhamadiyah), Hasyim Muzadi (mantan Ketua Umum PBNU), Yusuf Kartanegara (PKPI), serta Jan Darmadi (pengusaha).

Baca juga:

Jokowi: Jumlah Peserta Tax Amnesty Baru 344 Orang



World   Islamic Economic Forum (WIEF)

Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia

Jokowi Dorong Pemberdayaan UMKM.

img_title
VIVA.co.id
2 Agustus 2016