Fraksi Hanura Dukung Budi Gunawan Karena Garansi PDIP

Wakil Ketua MKD Sarifudin Suding.
Sumber :
  • Antara/ Reno Esnir

VIVAcoid - Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Hanura, Syarifuddin Sudding, mengungkap alasannya meluluskan Komisaris Jenderal Budi Gunawan menjadi Kapolri meski berstasus tersangka korupsi. Mereka mengabulkan usulan Presiden Joko Widodo karena PDI Perjuangan memberikan jaminan.

"Karena ini menyangkut kehormatan DPR ketika memberikan persetujuan. Dan PDIP memberikan garansi," kata Sudding, di gedung DPR, Jakarta, Jumat 16 Januari 2015.

Dijelaskannya, sebelum fraksi-fraksi menyetujui Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri pada Paripurna DPR 15 Januari 2015 kemarin, DPR meminta kepastian kalau Komjen Budi benar-benar dilantik. Dan Fraksi PDI Perjuangan, memberi garansi itu.

Sudding menjelaskan, dalam forum lobi di paripurna, memang ada fraksi yang mempertanyakan Fraksi PDIP. Apakah ketika DPR memberikan persetujuan, Presiden Jokowi akan melantik Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri.

Dia tidak bisa memberikan pilihan terbaik bagi Presiden Jokowi, apakah tetap melantik atau tidak. "Saya kira memang ini sangat dilematis ya buat Pak Jokowi," katanya.

Baca juga:

Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun
Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti.

Kapolri Akan Pensiun, Jokowi Diminta Cermat Pilih Pengganti

Diharapkan tak ramai tarik-menarik kepentingan politik.

img_title
VIVA.co.id
14 Februari 2016