Pencalonan Budi Gunawan Bisa Urung Kalau Jokowi Mau

Komjen Pol Budi Gunawan.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Kapolri Akan Pensiun, Jokowi Diminta Cermat Pilih Pengganti
- Setelah Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai tersangka, mengemuka tanya: apakah pencalonannya sebagai Kapolri bisa dibatalkan?

Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun

Menurut Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Setya Novanto, jawabannya bisa. Sebab, pencalonan adalah hak prerogatif presiden.
Kapolri Badrodin: Semua Perintah Saya, Bukan Budi Gunawan


"Ini kan hak prerogatif presiden, kita betul-betul hargai apa yang sudah diputuskan presiden, sekarang kita tindaklanjuti, sabar," kata Setya di Jakarta, Rabu 14 Januari 2015.


Namun demikian, Setya mengungkapkan, sampai detik ini tidak ada penarikan pencalonan itu dari Presiden Jokowi. Sebab itu, Komisi III DPR tetap melakukan uji kepatutan dan kelayakan Budi Gunawan.


"Tentu berikan langsung untuk bisa melakukan pada waktu itu proses mekanisme di aturan yang ada. Kita nggak tahu kalau sore-sore ada penetapan Pak Budi Gunawan sebagai tersangka," kata dia.


Untuk itu, kata dia, serahkan saja mekanisme ke Komisi III.


"Hasilnya nanti akan diketahui tentu komisi III akan tahu lebi‎h dulu dari pada pimpinan-pimpinan fraksi yang lain untuk berikan pandangannya di dalam penyampaian visi misi Budi Gunawan," ujar dia.


Apalagi, kata dia, seharusnya mengedepankan praduga tak bersalah pada kasus Budi Gunawan. "Maka kita tunggu saja hasil komisi III DPR nanti kita lihat hasilnya apa," katanya.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya