Calon Kapolri Komjen Budi Tersangka, Apa Kata PDIP?

Komjen Pol Budi Gunawan
Sumber :
  • sttik-ptik.ac.id
VIVAnews
Kapolri Akan Pensiun, Jokowi Diminta Cermat Pilih Pengganti
- PDI Perjuangan tetap pada pendirian menyukseskan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri menggantikan Jenderal Sutarman. Walau, Budi sudah menjadi tersangka oleh KPK.

Komjen BG: Pak Kapolri Masih Lama Pensiun

"KamiĀ  tetap berjalan pada rel politik yang ada," kata anggota Komisi III DPR dari Fraksi PDIP, Junimart Girsang, di gedung DPR, Jakarta, Selasa 13 Januari 2015.
Kapolri Badrodin: Semua Perintah Saya, Bukan Budi Gunawan


Proses fit and proper test Budi Gunawan memang dilanjutkan. Sesuai jadwal, Komisi III melakukan kunjungan ke kediaman Budi, sebagai bagian dari fit proper test.


Terkait status tersangka, lanjutnya, Fraksi PDIP tetap berpatokan pada azas praduga tak bersalah hingga ada kekuatan hukum tetap.


"Kalau ada informasi tersangka KPK, kita pegang praduga tak bersalah, sampai ada keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap," katanya.


Kata Junimart, semua pihak harus mengedepankan azas praduga tak bersalah. "Tentu saja, kan hukum sebagai panglima, kita tunggu sampai
fit and proper test
selesai," katanya.


Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan Kepala Lembaga Pendidikan Polri, Komisaris Jenderal Budi Gunawan sebagai tersangka dalam kasus transaksi mencurigakan atau tidak wajar seorang pejabat negara.


Budi Gunawan disangka telah melanggar pasal 12 huruf a atau b, pasal 5 ayat 2, pasal 11 atau pasal 12 B UU 31 tahun 99 tentang tipikor juncto 55 ayat 1 ke 1 KUHP.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya