Fadli Zon: Saya Ingin Lihat Jokowi Tenggelamkan Kapal

Wakil Ketua DPR Fadli Zon Temui Orang Tua M Arsyad
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVAnews - Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon mendukung sikap tegas Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menginstruksikan TNI untuk menenggelamkan kapal-kapal asing pencuri ikan di perairan Indonesia. Fadli juga setuju dengan sikap Jokowi yang tidak mempedulikan kecaman dari Malaysia.

Sebelumnya media terkemuka di Malaysia menyebut Presiden Jokowi angkuh. Tuduhan itu berdasarkan kebijakan Jokowi yang akan menenggelamkan kapal-kapal pencuri ikan di perairan Indonesia.

"Menurut saya itu biasa-biasa saja. Saya mendukung Pak Jokowi bila melakukan kebijakan itu," kata Fadli Zon di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu, 29 November.

Menurut Fadli, Malaysia dan beberapa negara lain juga melakukan hal yang sama kepada nelayan Indonesia yang tertangkap masuk ke perairan mereka. Bagi dia, pemerintah Indonesia tidak masalah bila memperlakukan hal yang sama kepada nelayan asing yang mencuri ikan di perairan RI.

"Ini kan bagian dari sikap resiprokal, kalo kapal-kapal nelayan kita juga dibakar di Malaysia atau ditenggelamkan, ya kita juga bisa melakukan hal yang sama. Yang dibakar kan kapalnya saja bukan orangnya," ujar dia

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu mengingatkan agar kebijakan tegas menenggelamkan kapal asing itu harus tetap memperhatikan aturan yang ada. "Tetap harus melihat norma-norma dan aturan aturan internasional yang ada," imbuhnya.

Fadli meminta Jokowi benar-benar konsisten menerapkan sanksi tegas itu, dengan memerintahkan jajaran TNI untuk menenggelamkan kapal yang terbukti melakukan illegal fishing.

"Jadi sebenarnya pemerintah Pak Jokowi nggak usah terlalu banyak omong lah. Coba dilakukan saja dulu, satu lah, satu dicontohin dulu, saya ingin lihat gitu. Satu coba ditenggelamkan, nggak usah banyak-banyak," kata Fadli. (one)

Baca juga:

Menegangkan, Timnas Indonesia U-23 Ditahan 10 Pemain Korea Selatan
Menag dan Majelis Masyayikh Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Bertemu Majelis Masyayikh, Menag Bahas Rekognisi Santri dan Ma’had Aly

Majelis Masyayikh adalah lembaga mandiri dan independen sebagai perwakilan Dewan Masyayikh dalam merumuskan dan menetapkan system penjaminan mutu pendidikan pesantren.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024